Agar Daging Lebih Empuk, Begini Cara Mengolah yang Tepat

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Agar Daging Lebih Empuk, Begini Cara Mengolah yang Tepat
Rendang, masakan berbahan daging merupakan salah satu hidangan wajib di Hari Lebaran. (Shutterstock)

Daging merupakan salah satu bahan makanan wajib yang dihidangkan saat lebaran.

Suara.com - Di Indonesia, Lebaran tampaknya kurang lengkap jika tidak ada menu berbahan daging seperti rendang, dan agar masakan berbahan daging lebih empuk dan nikmat saat dimakan, Anda harus tahu tipsnya.

Chef Ari Galih mengatakan kualitas daging sangat menentukan bagaimana rasa dan teksturnya ketika disantap. Untuk itu ia menganjurkan daging yang dipilih untuk membuat sajian Idul Fitri berkualitas baik dan hindari daging yang berwarna keunguan, karena biasanya mencirikan kualitasnya yang buruk.

Tips selanjutnya adalah memarinasi daging, agar rasanya lebih lezat. Jika kesulitan membuat bumbu sendiri, bisa membeli bumbu instan dengan rasa yang diinginkan. Namun, jika memiliki bumbu olahan yang lebih lezat, bisa menggunakan bumbu tersebut.

"Setelah itu simpan di chiller dan ditutup dengan plastik. Kasih udara supaya enggak mudah berair. Maksimal dua hari, karena 3 hari sudah mengeluarkan cairan," ujar dia pada temu media beberapa waktu lalu.

Penggunaan minuman bersoda sebagai bahan marinasi daging ternyata juga disarankan oleh Chef Ari. Menurut dia, merendam daging dalam minuman bersoda bisa membuat tekstur daging menjadi lebih empuk.

"Supaya empuk, daging bisa diberi minuman bersoda. Poin lainnya, memasak enak itu kuncinya semua bahan sebaiknya pilih yang segar," tandas dia. Mudah kan cara mengolahnya!

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS