Pakai Susu Kental Manis, 5 Makanan Ini Lezatnya Lumer di Mulut

Ririn Indriani | Vessy Dwirika Frizona
Pakai Susu Kental Manis, 5 Makanan Ini Lezatnya Lumer di Mulut
Roti bakar pakai susu kental manis. (@kulinerjogya/Instagram)

Makanan manis favorit orang Indonesia banyak yang pakai susu kental manis

Suara.com - Tidak diragukan lagi bahwa susu kental manis menjadi kunci lezatnya beberapa jenis makanan manis. Ya, tanpa susu kental manis, aneka kue dan desert belum tentu menjadi makanan favorit keluarga.

Namun, meski susu kental manis amat disukai, khususnya oleh anak-anak, ternyata susu kental manis menjadi polemik di tengah masyarakat.

BACA JUGA: 5 Tas Termahal di Dunia, Ada yang Tembus Rp 54 Miliar

Kementerian Kesehatan (kemenkes) RI menyebut susu kental manis tidak masuk kategori susu bernutrisi untuk menambah asupan gizi.

BACA JUGA: Girls, Kurang Tidur dan 3 Hal Ini Mengganggu Kulit Wajah Lho!

Susu kental manis hanya mengandung kalori yang berasal dari gula. Oleh karena itu yang bisa disarankan dari sisi kesehatan adalah mencampurkan susu kental manis untuk dessert atau makanan olahan yang membutuhkan penambah rasa manis yang cukup kuat. Dan, inilah 7 makanan yang lezat dengan tambahan susu kental manis.

1. Martabak manis
Aneka jenis martabak manis, mulai dari martabak keju, cokelat, kacang, pisang, dan berbagai topping lainnya sangat lezat dengan tambahan susu kental manis. Susu kental manis selalu dipakai dalam setiap olahan martabak manis.

Martabak manis. (@gurihmanis22/Instagram)
Martabak manis. (@gurihmanis22/Instagram)

2. Pan Cake
Sama seperti martabak, makanan manis yang terbuat dari adonan tepung terigu ini juga memakai susu kental manis baik di dalam adonan, maupun sebagai topping. Bagi Anda yang membuat sendiri pan cake dan pecinta rasa manis, silahkan tuangkan susu kental manis sesukanya.

Pan Cake. (@pgfoodmy/Instagram)
Pan Cake. (@pgfoodmy/Instagram)

3. Roti Bakar
Dalam membuat roti terkadang terdapat campuran susu kental manis. Apalagi Anda yang menyukai roti bakar. Sebagai topping penjual sering kali menuangkan susu kental manis di atas roti agar rasa makin lezat.

Roti bakar. (@kulinerjogya/Instagram)
Roti bakar. (@kulinerjogya/Instagram)

4. Bolu
Ada banyak resep dan rasa bolu. Entah bolu cokelat, keju, pisang, pandan, stroberi, susu, dan berbagai rasa lainnya. Namun, untuk memberi rasa manis, tetap banyak yang memakai susu kental manis. Semakin manis, semakin banyak gula dan campuran susu kental manisnya.

Bolu (@lanikarassoan/Instagram)
Bolu. (@lanikarassoan/Instagram)

5. Pudding susu
Untuk membuat puding susu, dibutuhkan satu kaleng susu kental manis. Selain itu, pudding juga dinikmati dengan tambahan fla, yang mana bahan dasarnya juga memakai susu kental manis. Maka jangan heran mengapa pudding susu manisnya double karena mamang banyak menggunkan susu kental manis.

Puding susu. (@regalpuddingjkt/Instagram)
Puding susu. (@regalpuddingjkt/Instagram)

 

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS