Benarkah Cuka Sari Apel Bisa Obati Infeksi Saluran Kemih?

Ade Indra Kusuma | Dinda Rachmawati
Benarkah Cuka Sari Apel Bisa Obati Infeksi Saluran Kemih?
Ilustrasi Infeksi Saluran Kemih. (Shutterstock)

Baru-baru ini para influencer kesehatan di media sosial baru saja mengklaim bahwa Infeksi Saluran Kemih bisa diobati dengan cuka sari apel.

Suara.com - Infeksi Saluran Kemih ( ISK ) adalah kondisi umum yang kerap dialami perempuan . Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK), setidaknya 40 hingga 60 persen perempuan mengalami ISK dalam masa hidup mereka.

Infeksi Saluran Kemih disebabkan oleh bakteri di bagian sistem kemih Anda, termasuk kandung kemih, ginjal, dan uretra Anda. Kondisi ini menyebabkan beberapa gejala seperti dorongan konstan untuk buang air kecil, sensasi terbakar ketika Anda buang air kecil, hanya bisa buang air kecil pada satu waktu, kencing merah muda atau berdarah, dan nyeri panggul.

Nah, terkait hal tersebut, baru-baru ini para influencer kesehatan di media sosial baru saja mengklaim bahwa Infeksi Saluran Kemih bisa diobati dengan cuka sari apel .

Tapi, apakah itu benar-benar akan berhasil?

Untuk memperjelas, penggunaan cuka sari apel yang disebut oleh para influencer kesehatan tentu tidak dilakukan dengan menyemprotkan langsung ke bagian sensitif, cara penggunaannya adalah dengan meminumnya langsung atau melarutkannya dengan air.

Ya, diketahui cuka sari apel memang mengandung asam asetat, yang dianggap mengurangi bakteri penyebab infeksi. Pada dasarnya, orang meminumnya, berharap, ketika mereka buang air kecil, urin mereka lebih asam, dan pada akhirnya dapat membersihkan semua infeksi.

Namun sayangnya, hal ini jelas tidak didukung oleh keilmuan medis, kata Christine Greves, M.D., seorang pengacara bersertifikat di Winnie Palmer Hospital for Women and Baby. "Anda tidak dapat menyembuhkan ISK dengan cuka sari apel," tegasnya.

Satu studi tahun 2018 dalam jurnal Scientific Reports menemukan bahwa cuka sari apel dapat membantu menghambat pertumbuhan E.coli (salah satu bakteri utama yang menyebabkan Infeksi Saluran Kemih), tetapi temuan tersebut masih terlalu awal dan penelitian tersebut dilakukan dalam cawan petri, bukan pada manusia.

Jadi apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami kondisi ini? Greves mengatakan, jika Anda mencurigai Anda menderita Infeksi Saluran Kemih, jangan bereksperimen dengan cuka sari apel. Sebaliknya, hubungi dokter secepat mungkin. 

"Jika dibiarkan ini dapat menyebar ke ginjal Anda," kata Greves.

Sebagai catatan, satu-satunya hal yang terbukti dapat menyingkirkan Infeksi Saluran Kemih adalah antibiotik, kata Greves. Dia juga merekomendasikan bahwa pasiennya mencoba obat bebas AZO untuk membantu kejang kandung kemih (bersama dengan antibiotik), tetapi itu saja tidak akan menyingkirkan Infeksi Saluran Kemih.

"Anda harus memastikan Infeksi Saluran Kemihditangani sebelum berubah menjadi yang serius untuk situasi seluruh tubuh dan Anda harus dirawat di rumah sakit," tutup dia.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS