Semangat Usai Asian Games 2018, 17 Ton Sampah Diolah Jadi Barang

Silfa Humairah Utami
Semangat Usai Asian Games 2018, 17 Ton Sampah Diolah Jadi Barang
Jeffri Ricardo, Marketing Manager Danone-AQUA menjelaskan mengenai gerakan #KontingenKebaikan. (ist)

Semangat Kebaikan Asian Games 2018 masih mengalir berkat #KontingenKebaikan, sampah yang dikumpulkan selama acara diolah kembali.

Suara.com - Selama berlangsungnya Asian Games 2018, ribuan relawan yang tergabung dalam gerakan #KontingenKebaikan berhasil mengumpulkan lebih dari 17 ton sampah plastik yang kemudian diolah di Recycle Business Unit (RBU) Danone-AQUA di Tangerang Selatan untuk diolah jadi barang bermanfaat.

Kegiatan ini menyediakan lebih dari 3.000 kantong plastik sampah organik bersifat biodegradable yang terbuat dari singkong.

Sejak dimulainya Pawai Obor Asian Games 2018 hingga perhelatan usai, ribuan relawan #KontingenKebaikan yang berasal dari Indorelawan serta berbagai komunitas di Yogyakarta, Bali, Palembang, Bogor dan Jakarta, telah berhasil mengumpulkan sampah yang kemudian diolah menjadi cacahan plastik, untuk selanjutnya diolah kembali menjadi bahan baku produk baru lainnya seperti bantal, kaos, lapisan geotekstil, peralatan makan dan minum, tas belanja, boneka, dan lain sebagainya.

Jeffri Ricardo, Marketing Manager Danone-AQUA, berbagai pencapaian dari perjalanan kampanye gerakan ini merupakan hasil kolaborasi dengan banyak pihak, mulai dari INASGOC, mantan atlet dan pelatih, berbagai komunitas dan relawan dari berbagai daerah.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indorelawan, Maritta C. Rastuti mengatakan antusiasme relawan dan masyarakat di seputar venue terhadap gerakan ini besar sekali.

Mengawali gerakan ini saat peluncuran di akhir Juli lalu, gerakan #KontingenKebaikan sudah dimulai sejak Pawai Obor di Yogyakarta, Bali, Palembang, Bogor dan Jakarta, yakni memberikan apresiasi kepada mantan atlet yang kemudian beralih menjadi pelatih dari cabor Panahan, Tinju dan Gulat, dan juga guru olahraga yang memotivasi anak didiknya untuk meraih prestasi di bidang Atletik.

Selain itu, ada pergelaran lomba foto profesional bagi media dan penulisan blog bagi para blogger, serta lomba foto untuk publik melalui Instagram, untuk mengangkat kisah-kisah kebaikan yang terjadi di sepanjang perhelatan olahraga internasional terbesar di Asia ini.

Semoga semangat Kebaikan Asian Games 2018 terus  mengalir dan kegiatan #KontingenKebaikan mengumpulkan sampah dan memanfaatkannya tidak berhenti sampai di sini.

Baca Juga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS