JK: Pemuda Jangan Jadi PNS! Nih, Jack Ma Beri 3 Tips Berbisnis

Ade Indra Kusuma
JK: Pemuda Jangan Jadi PNS! Nih, Jack Ma Beri 3 Tips Berbisnis
JK sarankan pemuda tidak PNS, Jack Ma beri tips jadi pengusaha [Suara.com]

Komentar JK memang masuk akal, mulai menjalankan bisnis dan menjadi pengusaha sejak usia muda justru memiliki peluang yang lebih besar.

Suara.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai kesempatan untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sangat kecil, atau hanya sekitar 3-4 persen dibandingkan dengan lulusan yang ada. Dengan demikian, Wapres JK mengajak mahasiswa yang sudah lulus untuk menimbulkan minat berwirausaha.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) usai menghadiri Rapat Pleno MUI ke-29 di Gedung MUI, Jakarta Pusat, Senin (6/8/2018). [Suara.com/Muhammad Yasir]
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) [Suara.com/Muhammad Yasir]

"Kesempatan menjadi PNS sangat kecil, untuk itu sekarang ada dua pilihan menjadi profesional atau menjadi pengusaha sendiri," ujar Kalla saat memberikan kuliah umum dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda di Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Komentar JK memang masuk akal, mulai menjalankan bisnis dan menjadi pengusaha sejak usia muda justru memiliki peluang yang lebih besar. Karena di usia muda memiliki banyak ide segar dan kesempatan atau peluang masih tersedia.

Bicara menjadi pebisnis, Anda tampaknya perlu mendengar tips dari Jack Ma sang pendiri Alibaba.

Bukan perkara mudah bagi Jack Ma untuk membesarkan Alibaba seperti saat ini, ia mengalami banyak penolakan dan kegagalan sebelum akhirnya meraih kesuksesan. 

"Saya tidak pernah mengajari seseorang menjadi sukses, tetapi akan berbagi tentang kesalahan-kesalahan yang saya buat. Dari kesalahan itu, kita bisa mengambil pelajaran dan membuat kemajuan," kata pebisnis berusia 54 tahun itu seperti mengutip Antara kala Jack Ma berbicara di Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia di Nusa Dua, Bali beberapa waktu lalu.

Berikut beberapa kunci sukses berbisnis ala Jack Ma seperti dilansir dari enterpreneur.com.

Belajar dari kegagalan orang lain, bukan dari kesuksesannya

Belajar dari kesukesan orang lain merupakan sesuatu yang lazim dilakukan banyak orang. Buku-buku motivasi mengangkat banyak kisah mengenai kesukesan tokoh-tokoh agar orang lain bisa belajar dari keberhasilannya.

Namun, jangan lupakan bahwa yang seharusnya dipelajari adalah tentang kegagalan-kegagalan yang tokoh tersebut alami dan bagaimana ia mengatasinya.

"Dalam hidup, bukan seberapa banyak yang kami raih, betapa kami telah melewati hari-hari yang berat dan kesalahan," kata Jack Ma dalam Forum Ekonomi Dunia di Swiss.

Menjadikan diri sendiri sebagai pesaing

Jack Ma menyarankan, ketimbang menjadikan kesuksesan orang sebagai indikator keberhasilan kita, lebih baik menetapkan sasaran dan target untuk diri sendiri.

Dengan begitu, kita menjadikan diri sendiri sebagai pesaing. Anda dapat melakukan ini dengan membayangkan apa yang Anda harapkan untuk sukses dalam 10 tahun, metode yang berhasil bagi Jack Ma.


Jangan menghindari masalah tetapi hadapi

Jack Ma mengatakan bahwa orang-orang yang berusia 20-30an “masih beruntung” karena masih banyak hal yang mesti dipelajari.

Dalam proses belajar itu, seseorang pasti akan mengalami masalah atau kegagalan.

“Tidak peduli seberapa pintar Anda, Anda akan menghadapi kesalahan," kata Jack Ma.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS