alexametrics

Apa Arti di Balik Predikat Bintang Michelin untuk Restoran?

Vania Rossa
Apa Arti di Balik Predikat Bintang Michelin untuk Restoran?
Michelin Guide, buku panduan restoran terbaik di dunia. (Shutterstock)

Bintang Michelin hanya diberikan kepada restoran terbaik di dunia.

Suara.com - Ibarat Pulitzer bagi penulis, bintang Michelin merupakan sebuah penghargaan tertinggi pada sebuah restoran. Bagi restoran terbaik di dunia, raihan bintang Michelin adalah sebuah pujian sekaligus penghormatan.

Penyebutan predikat bintang Michelin ini mungkin sedikit mengingatkan pada sebuah merek ban. Ya, memang, penghargaan bintang Michelin ini memang digagas oleh Michelin Guide yang merupakan buku panduan perjalanan yang dibuat khusus oleh Micehlin untuk para customernya.

Michelin Guide sendiri pertama kali dibuat pada tahun 1900-an, yang memuat daftar restoran terbaik dan termahal di dunia, beserta chef terbaik. Dan untuk menyusun daftar tersebut, Michelin membentuk tim khusus yang disebut inspektor.

Para inspektor ini telah dilatih secara khusus, dan mengunjungi banyak restoran di seluruh dunia untuk mencari yang terbaik. Kenapa tidak mengandalkan ulasan dari para pengguna restoran langsung? Seperti dilansir dari The Independent, hal ini semata-mata untuk mempersempit lingkup pencarian.

Baca Juga: Divonis 6 Tahun Penjara, Hak Politik Zumi Zola Juga Dicabut

Penilaian Michelin didasarkan pada lima kriteria, yaitu kualitas bahan yang digunakan, rasa dan teknik memasak, kepiawaian koki yang memasak, harga, dan jumlah pengunjung yang konsisten.

Soal dekorasi interior, pengaturan meja, atau kualitas layanan, para inspektor tidak memasukkan hal-hal tersebut ke dalam kriteria penilaian. Dan, tentu saja penilaian dilakukan secara diam-diam, tanpa diketahui oleh si empunya restoran.

Setelah dilakukan penilaian, bintang Michelin akan diberikan kepada restoran yang layak. Bintang Michelin sendiri memiliki 3 tingkatan, dengan makna sebagai berikut:

Bintang Satu
Rating bintang satu telah diberikan kepada 55 restoran di kota New York, Amerika Serikat. Di luar itu, tentu ada juga restoran lain - termasuk di Asia Tenggara - yang mendapat bintang satu Michelin, salah satunya street food Liao Fan Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle yang ada di Chinatown Food Complex, Singapura. Bintang satu menunjukkan bahwa restoran ini adalah yang terbaik, meski masih ada yang lebih baik dari mereka. Restoran bintang satu Michelin Star ini direkomendasikan sebagai restoran terbaik dengan cita rasa masakan berstandar tinggi di kelasnya.

Bintang Dua
Rating bintang dua menunjukkan sebuah restoran dengan "masakan yang sangat baik" yang "layak untuk disinggahi," demikian menurut Michelin. Atau dengan kata lain, restoran ini memiliki hidangan yang dibuat dengan hati-hati dan kualitas makanan yang luar biasa. Tahun 2019, di New York, hanya ada 15 restoran yang diberi rating bintang dua.

Baca Juga: PNS Pemprov DKI Selama Ini Dapat Jatah Uang Parkiran Rp 68.000 Sebulan

Bintang Tiga
Rating bintang tiga menunjukkan bahwa restoran tersebut menyediakan masakan dan pengalaman bersantap yang luar biasa, di mana hidangan khas diolah menggunakan bahan-bahan yang luar biasa. Bintang tiga ini adalah kehormatan tertinggi yang bisa diterima oleh sebuah restoran, dan konon hanya ada sekitar 120 restoran di seluruh dunia yang mendapat rating bintang tiga Michelin.