Cegah Gagap Bencana, Manajemen Ancol Taman Impian Kordinasi dengan BNPB

Vania Rossa | Risna Halidi
Cegah Gagap Bencana, Manajemen Ancol Taman Impian Kordinasi dengan BNPB
Warga memadati kawasan wisata Pantai Ancol, Jakarta, Senin (25/12).

Wilayah pesisir Jakarta, termasuk area wisata pantai Ancol, aman untuk didatangi.

Suara.com - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan bahwa wilayah pesisir Jakarta, termasuk area wisata pantai Ancol, aman untuk didatangi.

Hal tersebut berkaitan dengan peristiwa tsunami yang Sabtu lalu menerpa wilayah Selat Sunda di Serang, Padeglang, dan Lampung Selatan.

Untuk memastikan informasi tersebut, Manajemen Ancol Taman Impian melakukan koordinasi langsung dengan Sutopo, "Tsunami Selat Sunda tidak akan sampai ke Ancol. Jika gelombang tinggi itu pengaruh dari cuaca dan laut. Info gelombang dapat melihat website BMKG" kata Sutopo menurut rilis yang Suara.com terima.

Peringatan dini gelombang tinggi yang terdapat pada website BMKG menunjukkan bahwa wilayah Indonesia yang diprediksi akan mengalami gelombang tinggi pada hari ini (26/12) ada di wilayah selatan Sumatra, selatan Jawa, utara Kalimantan, utara Sulawesi, hingga utara Papua.

Sedangkan di wilayah utara Jawa diprediksi mengalami Slight Sea atau gelombang dengan tinggi antara 0,5 – 1,25 meter.

Meskipun demikian, Manajemen Ancol mengklaim bahwa mereka memiliki prosedur standar operasional terkait dengan keadaan darurat salah satunya apabila terjadi bencana alam.

Pada masa gelombang pasang seperti sekarang, lifeguard atau penjaga pantai akan memberikan himbauan kepada pengunjung dengan pengeras suara agar selalu memperhatikan batas aman berenang termasuk mengawasi anak-anak yang sedang berenang.

Petugas keamanan dan lifeguard yang berjaga di sekitar pantai juga akan siap untuk mengarahkan pengunjung ke titik berkumpul dan lokasi yang lebih aman apabila terjadi keadaan darurat.

"Keamanan dan kenyamanan pengunjung dalam berekreasi merupakan prioritas bagi kami, untuk itu kami selalu berupaya yang terbaik dan mempersiapkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan", kata VP Ancol Taman Impian, Sunarto.

Terdapat titik kumpul yang tersebar di kawasan Ancol Taman Impian, di antaranya kawasan parkir Carnaval, parkir sentral atau tengah, parkir timur, parkir Allianz Ecopark, dan parkir Dufan.

Selain itu seluruh gerbang Ancol digunakan sebagai jalur evakuasi jika dalam keadaan darurat.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS