Belajar Kamus Fesyen, Ini 7 Istilah Penting di Dunia Mode

Rima Sekarani Imamun Nissa
Belajar Kamus Fesyen, Ini 7 Istilah Penting di Dunia Mode
Ilustrasi fashion show, fesyen, tren fesyen. (Shutterstock)

Ada beberapa istilah di dunia mode yang perlu Anda tahu.

Suara.com - Dunia mode terkenal mempunyai beragam istilah yang kadang bikin kita geleng-geleng kepala saat mendengarnya. Jika Anda sudah cukup familiar dengan vintage, chic, edgy dan casual, bagaimana dengan beberapa istilah fesyen lainnya.

Walaupun relatif jarang didengar, inilah beberapa istilah fesyen yang perlu Anda tahu.

Androgynous style

Bagi para pencinta mode, mendengar istilah andro selalu identik dengan kata fleksibel. Androgynous style adalah istilah yang dapat digunakan untuk menyebut busana yang fleksibel, sehingga bisa dipakai oleh pria maupun wanita. Contoh: Blazer dan oxford shoes.

Avant-garde

Sosok yang paling mudah untuk menjelaskan istilah avant-garde adalah Lady Gaga. Dalam bahasa Inggris, avant-garde merupakan kata sifat yang merujuk kepada orang atau karya bersifat kreatif dan unik.

Gaya fesyen ini seringkali keluar dari pakem-pakem busana pada umumnya. Jadi secara awam, banyak orang yang menyamakan avant-garde sebagai hal nyentrik.

Capsule wardrobe

Istilah ini dipakai untuk menyebut kombinasi fesyen item terbatas, tapi bisa menciptakan banyak penampilan berbeda dengan hanya beberapa baju. Dengan kata lain, capsule wardrobe adalah fesyen item yang Anda pakai untuk mix and match.

Beberapa item fesyen perempuan (Shutterstock)
Beberapa item fesyen perempuan (Shutterstock)

Faux Pas Fashion

Perancis memberikan pengaruh besar dalam dunia mode, termasuk menyumbang berbagai istilah fesyen yang digunakan dalam jangka waktu panjang, seperti faux pas. Dalam bahasa Perancis, faux pas berarti melenceng alias antimainstream. Misalnya, ada pria pakai pakai rok atau dasi yang ditumpuk di atas kemeja super ketat dan celana kain super pendek.

Fashion Editrix

Istilah ini beken pada masa kejayaan Anna Wintour, Editor-in-Chief majalah Vogue USA. Pada masa itu, ada istilah yang dipakai untuk memanggil editor majalah fashion yang memiliki pengaruh besar bagi perkembangan dunia mode itu sendiri. Istilah ini disebut dengan Fashion Editrix, yakni gabungan dari Editor dan Dominatrix.

Haute Couture

Gaya fesyen ini terkesan lebih elegan dari sekedar kata berkelas. Dalam bahasa Indonesia, Anda bisa menyebutnya dengan adibusana, yaitu busana spesial yang dibuat dengan sangat hati-hati dan dari bahan sangat berkualitas.

Teknik pembuatan biasanya menggunakan level tinggi yang cukup rumit dan detail, sesuai dengan karakteristik si pemesan. 

Pret-a-Porter

Pret-a-porter sebenarnya sebutan ready to wear dalam bahasa Perancis. Istilah ini merujuk pada koleksi dari suatu label yang siap digunakan dan diproduksi secara massal. Umumnya, fashion pret-a-porter ditandai dengan berbagai ukuran, seperti S, M, L dan XL.

(DewiKu.com/Rima Suliastini)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS