Penyebab Jerawat Dewasa yang Kerap Muncul dan Bikin Emosi

Ade Indra Kusuma
Penyebab Jerawat Dewasa yang Kerap Muncul dan Bikin Emosi
Ilustrasi jerawat [shutterstock]

Faktor makanan juga pengaruh lho.

Suara.com - Penyebab Jerawat Dewasa yang Kerap Muncul dan Bikin Emosi.

Siapapun yang berurusan dengan jerawat pastinya membuat frustasi, terlebih di usia yang sudah dewasa. Hal itu diperparah dengan tidak adanya perawatan yang terbukti berhasil meredakannya. Lebih baik, yuk ketahui sebab jerawat dewasa untuk bisa mengatasinya seperti mengutip Instyle.

1. Hormon

Justin Bieber berjerawat. (Instagram)
Justin Bieber berjerawat. (Instagram)

Hormon meningkat selama masa pubertas, tetapi kadar ini berubah sepanjang siklus menstruasi setiap bulan. Maka dari itu, jerawat dewasa lebih sering terjadi pada wanita daripada pria karena fluktuasi hormon yang sedang berlangsung, tetapi pria juga bisa mengalami jerawat dewasa.

Kalau perawatan jerawat topikal yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat dan benzoil peroksida tidak berfungsi, pengendalian kelahiran atau obat anti-androgen, spironolactone mungkin perlu diresepkan oleh dokter kulit.


2. Diet

Diet pegan, diet yang menggabungkan diet paleo dan veganisme. (Shutterstock)
Diet pegan, diet yang menggabungkan diet paleo dan veganisme. (Shutterstock)

Tingkat stres dan pola makan memengaruhi hormon, jadi sebaiknya perhatikan pola diet yang sedang dijalankan. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat berkontribusi jerawat pada beberapa orang. Sementara itu, produk susu juga dapat menjadi faktor bagi sebagian orang.

Kalau kamu berpikir mungkin penyebab jerawat dewasa adalah makanan, tidak ada salahnya untuk mencoba diet yang kaya akan sayuran, buah-buahan serta protein tanpa lemak.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS