Bukan Cuma White Day, Korea Selatan Juga Merayakan Black Day

Rima Sekarani Imamun Nissa
Bukan Cuma White Day, Korea Selatan Juga Merayakan Black Day
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Black day adalah harinya para jomblo.

Suara.com - Dalam tradisi Korea Selatan, para wanita akan mengungkapkan cintanya saat Valentine dan sang gebetan bakal menjawab pada tanggal 14 Maret yang disebut white day. Nah, para jomblo tidak usah khawatir karena ada juga istilah black day.

Bagi Anda yang belum tahu, black day adalah hari khusus untuk merayakan kesendirian para jomblo.

Buang jauh-jauh bayangan sedih dalam benak Anda karena perayaan jomblo ini dilangsungkan dengan meriah dan penuh suka cita. Seperti apakah perayaan black day di Korea Selatan? 

Serba hitam

Sesuai namanya, orang-orang jomblo di Korea akan menggunakan pakaian serba hitam saat black day yang diperingati setiap tanggal 14 April.

Mereka biasanya akan pergi bareng teman sesama jomblo. Banyak tempat yang bisa mereka tuju, di antaranya kafe dan resto.

Ilustrasi meminum kopi usai olahraga. (Shutterstock)
Ilustrasi meminum kopi hitam. (Shutterstock)

Minum kopi hitam

Entah berkaitan secara langsung atau tidak, tapi tradisi minum kopi hitam saat black day sudah lama dilakukan oleh orang-orang jomblo di sana. Penjualan kopi hitam pada tanggal 14 April biasanya akan meningkat drastis.

Makan mie kacang hitam

Kalian pasti sering melihat penampakan mie dengan kuah hitam yang kental dalam potongan adegan drama Korea, kan? Itu namanya jjajangmyeon alias mie kacang hitam. Makanan ini sudah jadi menu wajib bagi orang yang jomblo kala merayakan black day.

Ilustrasi Jjajangmyeon. (Dewiku/Rima Sekarani)
Ilustrasi Jjajangmyeon. (Dewiku.com/Rima Sekarani)

Banyak acara cari jodoh dadakan

Jika orang jomblo kumpul bareng, biasanya apa yang dibicarakan? Sudah jelas gebetan, dong. Hapal dengan kebiasaan ini, maka banyak pemilik kafe atau mall membuat acara cari jodoh dadakan saat black day. Tujuannya biar yang jomblo cepat dapat pasangan. Seru, kan?

Makan nasi kacang hitam

Menu andalan lain saat black day adalah nasi kacang hitam alias jjajangbap. Santapan mirip kuah kare hitam ini serupa dengan jjajangmyeon tapi berupa nasi, bukan mi. Sama-sama disajikan dengan kuah kacang hitam yang menggugah selera juga. (DewiKu.com/Rima Suliastini)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS