Haru, Remaja Asal China Enam Tahun Menggendong Sahabatnya ke Sekolah

Silfa Humairah Utami | Risna Halidi
Haru, Remaja Asal China Enam Tahun Menggendong Sahabatnya ke Sekolah
Persahabatan dua anak di China yang bersahabat viral karena sahabatnya menggeondongnya saat di sekolah selama 6 tahun. (Youtube)

Bagaimana kisah persahabatan remaja asal China ini?

Suara.com - Haru, Remaja Asal China Enam Tahun Menggendong Sahabatnya ke Sekolah.

Persahabatan yang tidak ternilai. Kisah persahabatan mengharukan datang dari Provinsi Sichuan, China.

Di sana, hidup seorang bocah laki-laki berusia 12 tahun bernama Xu Bingyang yang selama enam tahun terakhir selalu menggendong sahabatnya bernama Zhang Ze ke sekolah.

Zhang Ze didiagnosis myasthenia gravis atau keadaan di mana tubuh kehilangan kendali otot-otot secara bertahap saat berusia 4 tahun. Kondisi itu juga yang membuat Zhang Ze kesulitan untuk berjalan sendiri.

Awalnya, orangtua Zhang selalu mengantarnya sekolah setiap hari. Tapi mereka kesulitan membantu Zhang ketika pindah kelas atau pergi ke toilet. Untungnya, ada Xu Bingyang yang selalu siap membantu.

"Aku lebih besar darinya. Aku pikir jika aku tidak membantunya, tidak ada orang lain yang mau. Aku memiliki berat lebih dari 40 kg dan Zhang Ze hanya memiliki berat sekitar 25 kg, jadi tidak apa-apa untuk aku menggendongnya," kata Xu Bingyang saat berbicata kepada wartawan China.

Saat hujan atau cerah, Xu selalu menjemput teman Zhang di pintu masuk sekolah dan membawanya naik ke kelas, membantu Zhang menyerahkan pekerjaan rumahnya, mengisi botol airnya, dan mengambil makan siangnya.

Menurut para guru di Sekolah Dasar Kota Hebazi, tiga tahun lalu, ada dua anak lelaki yang senantiasa membantu Zhang Ze berkeliling, tetapi salah satu dari mereka memilih berhenti dan mengatakan bahwa dirinya jadi tidak memiliki cukup waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan bermain.

Xu Bingyang kini terjebak membanyu Zhang sendiri, namun dirinya juga tidak pernah sekalipun mengeluh.

Bahkan, Xu tidak pernah memberi tahu ibunya sendiri tentang Zhang. Xu telah belajar tentang pengabdian tanpa pamrih lewat pertemananya bersama Zhang.

"Xu Bingyang adalah sahabatku. Setiap hari, dia belajar denganku, mengobrol denganku dan bermain denganku. Aku berterima kasih padanya karena menjagaku seperti ini setiap hari," kata Zhang Ze kepada Sichuan Online dilansir Odditycentral.

Bagaimana kisah persahabatan kalian? Rela menolong sahabat untuk meraih cita-cita seperti kisah persahabatan dua anak asal China yang menggendong sahabatnya ke sekolah selama 6 tahun ini?

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS