Pencinta Kopi Bisa Bahagia, Kecanduan Kafein Ada Dampak Baiknya

Vika Widiastuti, Yasinta Rahmawati

Minggu, 23 Juni 2019 | 17:15 WIB
Pencinta Kopi Bisa Bahagia, Kecanduan Kafein Ada Dampak Baiknya
Ilustrasi remaja sedang minum kopi. (Sumber: Shutterstock)

Suara.com - Jika kamu merasa untuk sehat harus minum segelas jus hijau setiap hari, ada kabar gembira bagi pencinta kopi, terlebih bagi yang mengonsumsinya tiap hari.

Seperti yang dikutip dari In Style, menurut sebuah studi baru oleh Fakultas Kedokteran Universitas Stanford, konsumsi kafein secara teratur dapat melawan peradangan yang berkaitan dengan usia.

Studi yang dipublikasikan online di Nature Medicine , menemukan hubungan antara peminum kopi dan risiko lebih rendah dari penyakit terkait peradangan.

"Lebih dari 90 persen dari semua penyakit penuaan yang tidak menular berhubungan dengan peradangan kronis," kata pemimpin penulis David Furman dalam rilisnya.

Sementara peradangan adalah proses alami dalam tubuh, tingkat yang persisten dapat menyebabkan masalah seperti penyakit jantung. Melihat sampel darah 100 orang, para peneliti menemukan bahwa orang tua dengan tingkat peradangan yang lebih rendah semuanya adalah peminum kopi biasa.

Ilustrasi Secangkir kopi akan membuat Anda lebih semangat. (sumber: visualphotos)
Ilustrasi Secangkir kopi akan membuat Anda lebih semangat. (sumber: visualphotos)

"Apa yang kami tunjukkan adalah korelasi antara konsumsi kafein dan umur panjang," tambah Mark Davis. Jadi, teruskan saja untuk menikmati kopi kesukaanmu tiap pagi. Tentunya, dengan takaran yang sewajarnya ya.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Hindari Stres dan Cemas Berlebih, Kondisi Ini Bisa Picu Radang Otak

Hindari Stres dan Cemas Berlebih, Kondisi Ini Bisa Picu Radang Otak

Health | Selasa, 28 Mei 2019 | 03:15 WIB

Jangan Pernah Minum Teh Hijau Bersamaan dengan Konsumsi Obat, Ini Dampaknya

Jangan Pernah Minum Teh Hijau Bersamaan dengan Konsumsi Obat, Ini Dampaknya

Health | Jum'at, 24 Mei 2019 | 17:35 WIB

Kafein Ampuh Redakan Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?

Kafein Ampuh Redakan Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?

Health | Senin, 22 April 2019 | 15:00 WIB

Terkini

UMKM Perempuan Aceh untuk Naik Kelas Berkat Sinergi PNM dan OJK

UMKM Perempuan Aceh untuk Naik Kelas Berkat Sinergi PNM dan OJK

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:07 WIB

Bareskrim ke Nagoya Food Court Batam, Gerebek Diduga Sarang Perjudian

Bareskrim ke Nagoya Food Court Batam, Gerebek Diduga Sarang Perjudian

Batam | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:01 WIB

Kidung Para Pencari: Menemukan Makna di Tengah Riuh Kehidupan

Kidung Para Pencari: Menemukan Makna di Tengah Riuh Kehidupan

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 12:00 WIB

Ketika Kereta Api Melintas di Pulau Sulawesi, Jauh Sebelum Indonesia Merdeka

Ketika Kereta Api Melintas di Pulau Sulawesi, Jauh Sebelum Indonesia Merdeka

Sulsel | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:54 WIB

Upacara Bendera Sila Ke Berapa? Ini Makna dan Penerapan Nilai Pancasila Sehari-hari

Upacara Bendera Sila Ke Berapa? Ini Makna dan Penerapan Nilai Pancasila Sehari-hari

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:33 WIB

OK! Madam: Bon Voyage, Aksi Seru Mantan Agen Rahasia Menyelamatkan Kapal!

OK! Madam: Bon Voyage, Aksi Seru Mantan Agen Rahasia Menyelamatkan Kapal!

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:30 WIB

CIMB Niaga Catat Kredit Tumbuh 6,6% Jadi Rp247,2 Triliun di Semester I 2026

CIMB Niaga Catat Kredit Tumbuh 6,6% Jadi Rp247,2 Triliun di Semester I 2026

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:30 WIB

Ortuseight Playday Hadir di 6 Kota, Dorong Pembinaan Futsal Pelajar

Ortuseight Playday Hadir di 6 Kota, Dorong Pembinaan Futsal Pelajar

Lifestyle | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:22 WIB

Kuliner Wisata Kemiren Meluapkan Limbah Sapi Biogas Desa

Kuliner Wisata Kemiren Meluapkan Limbah Sapi Biogas Desa

Your Say | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:20 WIB

Kenaikan Saham FAST Tidak Wajar, BEI Ambil Tindakan

Kenaikan Saham FAST Tidak Wajar, BEI Ambil Tindakan

Bisnis | Minggu, 16 Agustus 2026 | 11:19 WIB

×