Jangan Biarkan Emosi Kesedihan Menguasai Anda, Ini 5 Cara Mengusirnya

Silfa Humairah Utami
Jangan Biarkan Emosi Kesedihan Menguasai Anda, Ini 5 Cara Mengusirnya
Ilustrasi bahagia. [shutterstock]

5 cara untuk menghilangkan kesedihan dari kehidupan Anda

Suara.com - Jangan Biarkan Emosi Kesedihan Menguasai Anda, Ini 5 Cara Mengusirnya

Untuk mendapatkan hidup yang tenang, kebahagian adalah hal yang dicari. Namun tidak sedikit orang yang terpuruk pada kesedihan dan merasa sulit untuk merasa bahagia. Apa alasannya?

 Dilansir dari ThemindsJournal, jika Anda membiarkan keadaan hidup Anda menentukan emosi Anda, maka Anda tidak akan pernah bisa mengalami kebahagiaan sejati. Anda perlu mengubah pola pikir dan fokus Anda dan mencoba menemukan garis bahkan dalam situasi terburuk.

Berikut 5 cara untuk menghilangkan kesedihan agar menemukan makna kebahagiaan dalam hidup.

1. Kenali Jenis Kesedihan Anda

Ilustrasi perempuan. (Unsplash/Anthony Tran)
Ilustrasi perempuan. (Unsplash/Anthony Tran)

Ada 3 jenis kesedihan yang sebagian besar dari kita jatuh ke dalam:

a) Kesedihan Jangka Pendek

Ini adalah suasana hati yang berlalu yang dapat berlangsung mulai dari sehari hingga seminggu. Terkadang ada alasan untuk perasaan ini tetapi terkadang tidak.

Umumnya, kurang tidur, tidak ada aktivitas fisik, dan stres berlebih dikaitkan dengan kesedihan ini.

Pendekatan terbaik untuk menghadapi kesedihan ini adalah dengan menurunkan tingkat stres Anda dengan tidur nyenyak selama beberapa malam, aktif dengan berolahraga dan mencari cara untuk menghentikan rutinitas Anda.

Memanjakan diri Anda, melakukan pijatan, mengurangi asupan alkohol dan makan makanan sehat adalah cara efektif untuk mengelola kesedihan jangka pendek.

b) Memicu Kesedihan

Perasaan sedih ini telah diaktifkan sebagai akibat dari peristiwa traumatis yang terjadi pada Anda, seperti kematian seseorang yang dekat dengan Anda, kehilangan pekerjaan, perceraian, atau kehancuran finansial.

Perasaan sedih ini bisa membuat Anda merasa tidak berdaya dan rentan dan tidak hilang dalam semalam. Kunci untuk mengelola pemicu kesedihan adalah mencari cara untuk mendukung Anda memproses perasaan ini dan tidak menguburnya.

Salah satu cara bagi Anda untuk mengelola perasaan sedih yang dalam ini adalah dengan membicarakan dan berbagi perasaan Anda dengan seseorang yang dapat menghibur Anda, mendukung Anda dan menasihati Anda. Memiliki jaringan keluarga dan teman yang mendukung adalah kunci untuk Anda mengelola perasaan sedih Anda.

Bersamaan dengan tindakan-tindakan utama ini dan secara aktif bekerja untuk mengurangi tingkat stres umum dalam hidup Anda, Anda akan menemukan bahwa setelah periode 3 hingga 6 bulan, Anda akan kembali pada perasaan bahagia awal. Di sinilah Anda mulai membangun kembali dan memperkuat fondasi Anda dalam kehidupan - kesejahteraan fisik, spiritual, dan emosional Anda.

c) Depresi

Jika Anda merasa sedih, putus asa, tidak berdaya, tidak bisa makan atau tidur dan tidak memiliki energi untuk jangka waktu lebih dari satu atau dua bulan, maka Anda cenderung merasa tertekan.

Depresi biasanya muncul sebagai akibat dari suatu peristiwa yang biasanya Anda atasi. Namun, untuk beberapa alasan, mekanisme koping Anda telah rusak.

2. Identifikasi Kebahagiaan Bagi Anda

Ilustrasi traveling. (Pixabay/Rawpixel)
Ilustrasi traveling. (Pixabay/Rawpixel)

Kebahagiaan adalah satu-satunya obat untuk kesedihan. Tidak ada obat lain yang bekerja lebih baik. Pada tingkat paling dasar, kebahagiaan adalah perasaan yang muncul sebagai hasil dari kita melakukan hal-hal dalam hidup kita yang kita sukai.

Jadi jika kita merasa sedih, maka kita harus mengambil tindakan dan kegiatan yang membawa kegembiraan, seperti bertemu dengan seorang teman, berjalan-jalan, pijat, pergi makan malam, pergi ke bioskop, atau bersembunyi untuk membaca buku bagus. Membuat daftar kegiatan yang dapat kita lakukan dapat membuat kita merasa bahagia secara luas.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi kegiatan apa yang Anda lakukan atau ingin Anda lakukan, yang dapat membuat bahagia.

3. Berkomitmen Untuk Melatih 3 Tindakan Kebahagiaan Ini Setiap Hari

Ilustrasi tertawa. (Shutterstock)
Ilustrasi tertawa. (Shutterstock)

3 tindakan kebahagiaan ini adalah cara yang sangat praktis di mana Anda mengambil tindakan untuk menjauh dari perasaan sedih menjadi lebih bahagia. Yang diperlukan hanyalah bagi Anda untuk membuat pilihan, mengambil tindakan, dan berkomitmen untuk secara konsisten melakukan tindakan-tindakan kebahagiaan ini.

1) Berterima Kasih

Mengekspresikan rasa terima kasih setiap hari dan secara aktif menghargai orang-orang dalam hidup Anda yang penting bagi Anda sangat sederhana namun, tindakan kuat yang akan membawa Anda dari tempat kesedihan ke tempat yang lebih menyenangkan.

2) Menerima

Menerima hal-hal yang tidak dapat Anda ubah dan bertindak atas hal-hal yang dapat Anda ubah adalah kunci untuk Anda menemukan sukacita dan kedamaian dalam hidup. Setelah Anda mengakui kenyataan dari situasi Anda, Anda kemudian dapat merencanakan untuk mengambil tindakan efektif yang akan memungkinkan Anda untuk bergerak maju ke tempat yang lebih baik dalam hidup Anda.

3) Perbuatan Baik

Ketika Anda merasa sedih, fokus Anda sangat dalam, terutama pada diri sendiri. Membantu orang lain adalah cara yang tepat untuk merasa lebih baik. Seringkali tindakan kebaikan spontanlah yang memberi kita paling banyak sukacita. Semakin kita membantu orang lain dan semakin banyak kita berinteraksi dan terlibat dengan orang, semakin sedikit kita cenderung untuk menarik diri dan fokus ke dalam perasaan kesedihan.

Kebahagiaan dan kegembiraan adalah perasaan eksternal yang perlu dibagi dengan orang lain. Dan tindakan kebaikan adalah cara yang efektif bagi kita untuk berbagi dan merasakan sukacita dengan orang lain.

4. Berkomitmen Untuk Menumbuhkan Kesejahteraan Pribadi Anda

Kebahagiaan lebih dari sekadar perasaan; itu adalah kondisi yang lebih tahan lama yang disebut kesejahteraan Anda. Kesejahteraan Anda meliputi kondisi pikiran, tubuh, dan emosi Anda.

Ketika semuanya seimbang, maka Anda akan mengalami kepuasan dan ketenangan pikiran. Anda lebih gesit secara emosional dan tangguh secara fisik, dan karenanya lebih efektif dalam mengelola tantangan yang akan dihadapinya.

Berkomitmen untuk menjadikan kesejahteraan Anda sebagai prioritas utama dalam hidup Anda. Ketika Anda melakukan ini, Anda menjadi lebih efektif dalam mengelola dan menghilangkan kesedihan dari hidup Anda.

5. Hilangkan Frasa “Aku Akan Senang Ketika ... .”.

Kebahagiaan yang tiba-tiba tidak ada dan ungkapan "Aku akan bahagia saat ..." menunjukkan bahwa kebahagiaan datang ketika Anda mendapatkan apa yang Anda yakini akan membuat Anda bahagia.

Banyak orang berpikir bahwa jika mereka memenangkan Lotre, maka mereka akan bahagia, ini tidak benar. Dalam masyarakat yang dikendalikan konsumen saat ini, mudah untuk jatuh ke dalam perangkap membandingkan kebahagiaan Anda dengan keuntungan materi dan kesuksesan orang lain.

Berhati-hatilah agar Anda tidak menyamakan kebahagiaan dengan kesenangan sesaat karena jika Anda melakukannya, Anda pada akhirnya akan merasa bertentangan dan tidak puas. Perasaan inilah yang akan membawa Anda terus berada dalam perasaan kesedihan. (Aflaha rizal)

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS