6 Kiat Membersihkan Sofa Kotor

Vania Rossa
6 Kiat Membersihkan Sofa Kotor
Kiat Membersihkan Sofa Kotor. (Dok. Dekoruma)

Rutinlah membersihkan sofa agar kumpul keluarga tetap nyaman dan jauh dari penyakit.

Suara.com - Sebagai salah satu furnitur yang dipakai dan diduduki setiap hari, sofa Anda di rumah akan menjadi kotor dan bernoda akibat beberapa hal, mulai dari debu dan kotoran yang menumpuk hingga kecerobohan Anda atau anggota keluarga lain yang menumpahkan sesuatu. Belum lagi timbulnya aroma apek dan tidak sedap jika sofa sudah kotor.

Sofa umumnya memiliki bahan kain atau kulit yang sensitif dan perlu perhatian serta perawatan yang ekstra. Bila tidak dibersihkan secara berkala, bahan sofa bisa cepat pudar, tampak jelek, tidak enak dipandang, atau bahkan sobek dan rusak.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui cara-cara ampuh dan efisien untuk membersihkan sofa tanpa repot atau membawanya ke tukang cuci sofa. Ikuti kiat-kiat mudah dari Dekoruma di bawah ini agar sofa Anda bisa tampak bersih dan awet selalu.

1. Bersihkan Noda Sesegera Mungkin

Jika Anda menumpahkan cairan atau benda lain yang berpotensi menciptakan noda yang pekat dan membandel, lakukan pertolongan pertama dengan membersihkannya secepat mungkin. Anda bisa segera mengelapnya dengan menggunakan tisu basah supaya noda tidak meresap ke dalam kain sofa dan membuatnya sulit dibersihkan.

2. Cuci dengan Detergen

Sofa biasanya dibungkus dengan kain pembungkus yang disesuaikan dengan gaya interior rumah dan selera Anda. Meski tidak ada noda yang tampak jelas, langkah ini perlu dilakukan secara rutin untuk memastikan kebersihan sofa yang maksimal. Anda bisa mencuci sarung sofa setiap sebulan sekali dengan menggunakan mesin cuci. Cuci seperti Anda mencuci kain pada umumnya, yakni menggunakan detergen dan air hangat.

3. Air & Cuka untuk Noda Membandel

Untuk noda membandel yang sudah meresap ke sofa, Anda bisa menghilangkannya dengan cairan pembersih sendiri yang terbuat dari air dan cuka. Sifat cuka yang asam karena kandungan klorinnya bisa lebih ampuh mengangkat noda membandel seperti noda yang berlemak atau pekat. Pastikan gunakan kain yang lembut saat mengusapnya agar tidak merusak sofa.

4. Menghisap Debu Sofa

Selain noda-noda yang kasat mata, debu dan bakteri yang menempel di sofa tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Maka dari itu, Anda juga perlu rutin membersihkan sofa di rumah dengan mengisap debu dengan vacuum cleaner. Gunakan vacuum cleaner portabel supaya Anda lebih mudah untuk menjangkau sudut-sudut sofa yang sempit.

5. Deep Cleaning untuk Membunuh Tungau

Anda juga bisa menggunakan jasa deep cleaning sofa yang saat ini banyak ditawarkan di pasaran. Dengan alat yang lebih canggih dibandingkan vacuum cleaner, tingkat kebersihan sofa akan lebih maksimal karena bakteri-bakteri serta tungau yang bersarang di sela-sela kain sofa bisa ikut terangkat menggunakan alat deep cleaning.

6. Pelembap untuk Sofa Kulit

Sementara itu, untuk Anda yang mempunyai sofa kulit, baik sintetis maupun asli, cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya tentunya bisa dipraktikkan. Meskipun begitu, satu perawatan tambahan untuk menjaga kebersihan sofa adalah menggunakan pelembap untuk memastikan keawetan kulit. Pelembap kulit juga bisa menjaga kulit sofa tetap kencang dan mengurangi risiko retak, mengelupas, ataupun sobek.

Setelah mengetahui cara-cara apa saja yang bisa dilakukan untuk membersihkan sofa, satu hal yang paling penting adalah tidak membiarkan kotoran dan noda menempel di sofa dalam waktu lama. Rutin membersihkannya adalah cara paling ampuh untuk menjaga kebersihan dan keawetan sofa.

Artikel terkait:
Sudahkah Rumah Bersih Maksimal? 7 Tempat Ini Sering Lupa Dibersihkan, Lho!
Jarang Membersihkan Rumah? Awas, 6 Penyakit Ini Muncul Akibat Rumah Kotor!
Nggak Hanya untuk Memasak, Bahan-Bahan Ini Juga Bisa Membersihkan Rumah Kamu Loh!

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS