Kenalan dengan Yule Log, Kue Tradisional yang Disantap Tiap Natal

Dany Garjito | Amertiya Saraswati
Kenalan dengan Yule Log, Kue Tradisional yang Disantap Tiap Natal
Kue Yule log (Wikimedia Commons)

Kue yang dibentuk mirip batang pohon ini ternyata punya sejarah panjang.

Suara.com - Natal akan segera tiba. Di bulan ini, berbagai persiapan untuk merayakan hari raya tersebut mulai dilakukan.

Tak cuma mempersiapkan pohon hingga hadiah, makanan pun merupakan salah satu bagian dari perayaan Natal yang tak boleh ditinggalkan.

Salah satu kue tradisional yang kerap disajikan saat Natal adalah kue Yule Log. Disebut juga Buche de Noel dalam bahasa Prancis, kue ini sudah lama identik dengan Natal.

Yule Log sendiri merupakan kue bolu gulung yang dilapisi cokelat agar terlihat seperti batang kayu.

Selain itu, Yule Log biasanya dihiasi dengan dekorasi berbentuk jamur, ranting, jaring laba-laba, hingga gula halus untuk butiran salju.

Kue Yule log (Wikimedia Commons)
Kue Yule log (Wikimedia Commons)

Merangkum dari laman History, bentuk Yule Log yang menyerupai batang kayu ternyata bukan tanpa alasan.

Sejarah Yule Log bermula di Eropa, tepatnya sejak sebelum abad pertengahan. Saat itu, warga Eropa akan berkumpul untuk merayakan akhir musim dingin dan awal musim semi.

Di perkumpulan inilah, keluarga-keluarga di Eropa akan membakar batang kayu yang didekorasi dengan tanaman holly, pinus, atau ivy. Batang kayu ini juga disiram dengan wine dan garam.

Setelah dibakar, abu yang tersisa akan dikumpulkan. Abu ini dipercaya memiliki manfaat medis dan dapat melindungi dari hal-hal jahat.

Tradisi ini pun terus dilakukan dari tahun ke tahun, bahkan setelah agama Kristen mulai dikenal warga Eropa. Bedanya, ukuran batang kayu yang dibakar semakin kecil.

Kue Yule log (Wikimedia Commons)
Kue Yule log (Wikimedia Commons)

Seiring berjalannya waktu, membakar batang kayu pun dirasa tidak praktis. Maka, sekitar 1600-an, tradisi membakar kayu pun berubah jadi membuat kue Yule Log.

Kini, kue Yule Log menjadi kue yang populer. Kue ini juga dapat dengan mudah ditemukan di negara-negara seperti Belgia, Prancis, Swiss, Kanada, Lebanon, hingga Inggris.

Selain dihias agar mirip pohon, kue ini juga biasanya disajikan dalam bentuk dipotong agar lebih menyerupai batang pohon.

Nah, tertarik untuk mencari atau membuat kue Yule Log dalam rangka memeriahkan Natal tahun ini?

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS