Doa Menyambut Bulan Syaban, Ketika Allah Mengampuni Semua Dosa

Vania Rossa
Doa Menyambut Bulan Syaban, Ketika Allah Mengampuni Semua Dosa
Ilustrasi berdoa, shalat, ibadah. [Shutterstock]

Hari ini, Kamis (26/3/2020), bertepatan dengan 1 Syaban 1441 Hijriyah.

Suara.com - Hari ini, Kamis (26/3/2020), bertepatan dengan 1 Syaban 1441 Hijriyah. Bulan kedelapan dalam penanggalan Islam ini menunjukkan bahwa Ramadan sudah di depan mata, atau tinggal sebulan lagi. Namun yang teristimewa, diyakini sejumlah ulama bahwa bulan Syaban adalah waktu Allah mengampuni segala dosa.

Dikutip dari laman Islam NU, dianjurkan kepada umat Islam untuk membaca doa memohon umur yang panjang ketika memasuki bulan Syaban, agar kita dapat berjumpa dengan Bulan Ramadhan yang penuh dengan kemurahan Allah SWT. Doa yang lazim dibaca adalah doa yang sama dengan doa bulan Rajab, yaitu:

Allâhumma bârik lanâ fî Rajaba wa Sya‘bâna wa ballighnâ Ramadhânâ

Artinya: “Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban. Sampaikan kami dengan Bulan Ramadan.”

Doa panjang umur itu juga dicontohkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana riwayat hadits berikut:

“Jika masuk bulan Rajab, Rasulullah berdoa, ‘Ya Allah, berkatilah kami pada Bulan Rajab dan Sya‘ban. Sampaikan kami ke Bulan Ramadan."

Menurut para ulama, riwayat ini menganjurkan umat Islam untuk memohon umur yang panjang dengan niat untuk menambah kebaikan dan beramal saleh di masa mendatang. Di bulan Syaban ini juga dianjurkan untuk memperbanyak puasa sunah dan meningkatkan ibadah, sebagai latihan menghadapi bulan Ramadan. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang dipertemukan dengan Ramadan tahun ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS