Jubir Covid-19: Kalau Sayang Keluarga, Tunda Dulu Pulang Kampung

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Jubir Covid-19: Kalau Sayang Keluarga, Tunda Dulu Pulang Kampung
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto (Capture Youtube BNPB Indonesia)

Ia mengatakan perpindahan virus mengikuti pergerakan manusia itu sendiri.

Suara.com - Angka positif virus corona Covid-19 di Indonesia semakin bertambah dari hari ke hari. Per Selasa (31/3/2020) angka kasus positif bertambah 114 jiwa, sehingga total terdapat 1528 kasus.

Angka pertambahan inilah yang membuat Juru bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto mengimbau warga untuk lebih dulu menunda pulang kampung, dan tetap berdiam diri di rumah atau tempat tinggalnya saat ini.

"Tetap aman dan produktif di rumah, kami yakin kita semuanya sayang pada keluarga kita. Oleh karena itu, sebaiknya tunda dulu, untuk melaksanakan perjalanan panjang ke kampung halaman," ujar Yurianto di Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (31/3/2020).

Ia mengatakan perpindahan virus mengikuti pergerakan manusia itu sendiri. Sehingga tidak aneh jika saat ini kasus positif Covid-19 sudah tersebar di berbagai provinsi di seluruh Indonesia.

"Karena virus ini akan berpindah bersamaan dengan pergerakan orang yang terinfeksi, manusia lah yang membawanya" katanya.

Seperti persebaran kasus saat ini Selasa 31 Maret 2020, daerah terbesar total kasus adalah DKI Jakarta, dengan temuan kasus positif sebanyak 747. Disusul Jawa Barat sebanyak 192 kasus, Banten 142 kasus, juga Jawa Tengah dan Jawa Timur yang sama-sama berjumlah 93 kasus.

Sedangkan untuk wilayah timur Indonesia, provinsi dengan kasus terbanyak ialah 50 orang, dan sudah ada 1 orang di antaranya meninggal dunia.

Adapun kasus meninggal per hari ini bertambah 14 kasus dengan 9 orang di antaranya di DKI Jakarta, 2 orang dari Kalimantan Barat, 1 orang Bengkulu, Papua Barat 1 dan Jawa Barat. Sehingga total meninggal menjadi 136 kasus.

Di sisi lain, mereka yang berhasil sembuh bertambah 6 orang. Di Jawa Barat 3 orang, Banten 1 orang, dan Kalimantan 2 orang. Sehingga total yang telah pulih dan diperbolehkan pulang ada sebanyak 81 kasus.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS