Jadi Kegiatan Favorit di Tengah Pandemi, Ini Manfaat Menyusun Puzzle

Vania Rossa
Jadi Kegiatan Favorit di Tengah Pandemi, Ini Manfaat Menyusun Puzzle
Menyusun puzzle. (Pexels)

Menyusun puzzle membuat Anda tenang sekaligus ketagihan!

Suara.com - Untuk mengatasi bosan karena di rumah aja saat pandemi Covid-19, banyak orang melakukan hobi baru untuk mengisi waktu, mulai dari mewarnai, menyusun puzzle, memasak, hingga membuat video TikTok.

Di antara deretan kegiatan tersebut, menyusun puzzle tampaknya menjadi salah satu yang paling populer saat ini. Hal ini didukung laporan produsen puzzle di Amerika yang melaporkan bahwa penjualan puzzle meningkat di tengah pandemi, dan bahkan mereka kerap kekurangan stok.

Di balik kepopulerannya, kegiatan menyusun puzzle ternyata memberi banyak manfaat, terutama untuk kesehatan mental. Apa saja? Ini dia sejumlah manfaat yang bisa didapat dari menyusun puzzle, seperti dilansir dari laman Huffpost.

1. Memberi tujuan yang jelas

Puzzle menawarkan kepada Anda tujuan yang jelas (yaitu menyusun gambar dari potongan-potongan kecil!) ketika banyak orang merasa tak punya tujuan dan tidak mampu memetakan rencana masa depannya akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga: Mirip Ospek, Istri Warganet Ini Ubah Daftar Belanjaan Jadi Teka-teki

Michael Vilensky, seorang psikolog dari Wexner Medical Center di Ohio State University mengatakan, "Kita tak bisa mengontrol pandemi Covid-19, dan tidak mengetahui juga bagaimana akhir dari pandemi ini. Puzzle, sebaliknya, dengan waktu dan usaha yang cukup, kita dapat mengontrol hasilnya, kita tahu bahwa itu akan berakhir, dan kita akan mengalami rasa lega atas prestasi yang kita capai ketika itu selesai."

2. Mempertahankan otak tetap aktif

Patrick K. Porter, pencipta BrainTap Technologies, mencatat bahwa otak manusia menyukai pola, namun ketidakpastian saat pandemi telah mengganggu pola aktivitas sehari-hari dan membuat pikiran kita mencari cara untuk mengisi kekosongan itu.

Baca Juga: Realistis Abis, Puzzle Mesin Mobil Ini Bisa Dipakai Belajar Jadi Montir

“Pada waktu yang umum, bagian pemecahan masalah otak kita aktif sepanjang hari, apakah dengan menyetir, bekerja di kantor, atau sekadar merencanakan mau makan siang apa hingga memastikan makanan tersebut tersaji," katanya.

“Beginilah otak kita membangun dan mempertahankan neuroplastisitas, kemampuan untuk tetap fleksibel dan aktif. Karenanya, menyusun puzzle adalah pilihan yang sangat baik untuk orang-orang dari segala usia selama karantina, atau kapan saja,” katanya lagi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS