Dinilai Masih Rendah, Ini Kunci Keberhasilan UMKM di Pasar Digital

Bimo Aria Fundrika | Dinda Rachmawati
Dinilai Masih Rendah, Ini Kunci Keberhasilan UMKM di Pasar Digital
Ilustrasi UMKM Pasar Digital (Shutterstock)

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam konteks pemasaran digital dinilai masih rendah.

Suara.com - Kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terhadap pendapatan nasional harus terus diupayakan. 

Sebagai sektor yang berperan dalam membuka lapangan kerja, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki posisi penting dalam keberlangsungan perekonomian Indonesia.

Sayangnya, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan keberhasilan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam konteks pemasaran digital dinilai masih rendah.

Ilustrasi UMKM di Pasar Digital. (Shutterstock)

“Dilihat dari data yang dimiliki Kementerian dan data e-commerce, keberhasilan UMKM di online cukup rendah antara 4-10 persen,” kata Teten berdasarkan siaran pers yang suara.com terima Jumat (10/7/2020).

Menurutnya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan UMKM sulit bersaing di market digital, yakni produk, dan strategi promosi atau pemasarannya yang masih lemah dan belum mampu menarik minat masyarakat secara besar.

“Banyak salah satunya produk, produk mereka kadang-kadang packaging-nya bagus tapi kapasitas produksinya masih kecil, jadi ketika permintaannya banyak tidak mampu memenuhi permintaan konsumen,” jelasnya.

Lalu berkaitan dengan strategi promosi di market online, yang ternyata keahlian tersebut belum dimiliki para pelaku UMKM. Maka dari itu, pihaknya dari Kementerian Koperasi dan UMKM akan mengedukasi, mengkurasi, dan menginkubasi agar UMKM bisa masuk ke ranah digital.

“Untuk UMKM bisa masuk ke online, pemerintah tidak bisa sendiri melainkan butuh bantuan dari berbagai pihak,” ujarnya.

Dirinya menyebut pelatihan di Kementerian dan daerah harus direvisi karena banyak pelatihan-pelatihan mandiri tidak terhubung dengan ekosistem, sehingga UMKM menjadi kesulitan saat masuk ke market digital.

Bergerak dibawah naungan PT Media Promosi Online, Tonton taufik rachman, memberikan solusi bagi promosi online para pelaku UMKM. Dengan jasa backlink berkualitas, dipercaya mampu meningkatkan rating pada hasil pencarian google. Sehingga bisnis para pelaku semakin dikenal di masyarakat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS