7 Cara Asik Agustusan Secara Virtual Untuk Rayakan Hari Kemerdekaan RI

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
7 Cara Asik Agustusan Secara Virtual Untuk Rayakan Hari Kemerdekaan RI
Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Monumen Jogja Kembali (Monjali) pada Minggu (10/11/2019). [Suara.com/M Ilham B]

Kita tetap bisa merayakan hari kemerdekaan secara virtual kok, begini caranya!

Suara.com - Dalam hitungan hari Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan ke-75. Tapi sayang, situasi pandemi Covid-19 saat ini memaksa aktivitas fisik sangat terbatas termasuk jika ingin merayakan 17 Agustus-an di luar rumah.

Tapi tenang, kita tetap bisa merayakan hari kemerdekaan secara virtual kok, seperti tips yang diberikan Google, melalui rilis yang diterima Jumat (14/8/2020) akan membuat tujuh belasan di rumah menjadi lebih seru. Apa saja?

Google merayakan pemilihan presiden dengan doodle merah putih (Screenshot Google, 9 Juli 2014).
Google doodle merah putih (Screenshot Google, 9 Juli 2014).

1. Dapat bantuan dari Asisten Google
Dalam sebuah perayaan kita butuh untuk mencari inspirasi 17-an. Salah satunya mencari di internet dengan bantuan Asisten Google. Cukup ucapkan “Ok Google, 17-an enaknya ngapain ya?”

2. Menebak ilustrator Google Doogle saat tujuh belasan
Google Doodle di setiap negara biasanya melambangkan perayaan atau peringatan tertentu, termasuk Google Indonesia yang akan menampilkan ikon hari kemerdekaan Indonesia.

Kenali ilustrator di balik Google Doodle dan cerita inspirasi nya dengan klik Google Doodle yang muncul di halaman utama.

3. Ingat sikap sempurna dan berdiri tegak di pukul 10.17 WIB pagi.
Pukul 10.17 WIB diperingati sebagai waktu pembacaan proklamasi, dan pengukuhan diakuinya Indonesia sebagai negara yang berdaulat di mata dunia.

Jadi sampaikan penghormatan dan siap serentak untuk sikap sempurna, berdiri tegak pada saat penaikan bendera merah putih. Pasang alarm dengan ucapkan “Ok Google, pasang alarm jam 10.17 pagi,”

4. Tonton siaran langsung upacara bendera dari Istana Negara
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya perayaan hari kemerdekaan Indonesia di Istana Negara biasanya dihadiri para pemangku kepentingan negara dan tamu undangan dari negara tetangga. Kini yang hadir juga dibatasi dan dilakukan jaga jarak dengan para tamu.

Jadi buat yang tidak kebagian menonton langsung kita bisa menonton upacara kenaikan dan penurunan bendara lewat siarkan langsung dari istana negara di kanal ‘Sekretariat Presiden’. Jangan lupa nyalakan ‘reminder’ biar nggak ketinggalan siarannya yah.

5. Ikuti upacara bendera bersama teman dan keluarga lewat Duo.
Nggak hanya beragam filter seru, ‘tujuhbelasan’ jadi lebih meriah dengan video call lancar hingga 12 orang di Google Duo yang juga dilengkapi setelan mode hemat kuota.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS