Gandeng BMKG, Shopee Luncurkan Layanan Deteksi Dini Bencana Alam

Bimo Aria Fundrika | Lilis Varwati
Gandeng BMKG, Shopee Luncurkan Layanan Deteksi Dini Bencana Alam
Shopee gandeng BMKG luncurkan Layanan Deteksi Dini Bencana Alam. (Dok: Tangkap layar konferensi pers)

Pengguna tidak hanya bisa belanja online tapi juga mengakses informasi dan peringatan bencana alam melalui tampilan push notification sesuai dengan lokasi tempat tinggal

Suara.com - Terobosan teranyar dilakukan Shopee Indonesia melalui kerjasama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui fitur Peringatan Dini Bencana Alam.  

Lewat aplikasi Shopee, pengguna tidak hanya bisa belanja online tapi juga mengakses informasi dan peringatan bencana alam melalui tampilan push notification sesuai dengan lokasi tempat tinggal. Layanan itu baru mulai dapat diakses pada 20 Oktober 2020.

"BMKG punya banyak informasi. Tapi di Shopee dengan melihat pangsa masyarakat luas kerjasama ini bisa makin baik dengan aplikasi sehingga informasi bisa langsung diterima masyarakat," kata Deputi Bidang Geofisika BMKG Dr. Ir. Muhammad Sadly dalam konferensi pers, Kamis (15/10/2020).

Sadly memaparkan, dari kerjasama itu BMKG menyediakan informasi mengenai  deteksi dini apabila terdapat bencana alam seperti gempa, tsunami, prediksi cuaca dan lainnya. Menurut Sadly, masyarakat butuh lebih banyak informasi akurat mengenai bencana alam agar tahu cara penyelamatan diri.

Baca Juga: Yogyakarta Sering Gempa Kecil Akhir-Akhir Ini, BMKG Ungkapkan Alasannya

"Karena negara kita ada di ring of fire, masyarakat tidak perlu takut mau ke mana. Tapi kita tahu kalau ada bencana harus melakukan apa," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Shopee Indonesia Handhika memastikan akses informasi BMKG tersebut bisa diakses dengan mudah oleh pengguna dengan hanya mengklik banner tautan 'promo semua' kemudian memasukan domisili tempat tinggal.

Handhika menyampaikan, layanan informasi BMKG tersebut memang menjadi bagian dari kampanye 11.11 Big Sale Shopee yang akan hadir November mendatang. 


"Shopee 11.11 Big Sale akan berlangsung hingga 11 November 2020 dan menawarkan berbagai penawaran super selama 30 hari berturut-turut yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan menaikkan daya beli masyarakat di tengah masa sulit ini," ucap Handhika.

Baca Juga: Shopee Hapus Gedung DPR dari Daftar Barang yang Dijual

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS