Waspada! Ini 5 Tanda Penipuan Promo Harbolnas

Dany Garjito
Waspada! Ini 5 Tanda Penipuan Promo Harbolnas
Ilustrasi belanja online (shutterstock)

Dalam artikel kali ini, akan dibahas lima tanda penipuan promo Harbolnas. Berikut ulasan selengkapnya.

Suara.com - Tanda penipuan promo Harbolnas dapat menjadi informasi berharga bagi Anda yang belum berpengalaman dalam berbelanja online. 

Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dijadikan oleh sejumlah marketplace sebagai salah satu strategi pemasaran yang cukup sering diterapkan. 

Strategi ini pun terbilang cukup sukses menarik perhatian konsumen. Kegiatan tahunan ini bahkan sudah diselenggarakan bersama oleh berbagai e-commerce di Indonesia sejak 2012 silam. 

Penetapan Harbolnas biasanya akan jatuh pada tanggal-tanggal cantik, seperti 11.11, merujuk pada tanggal 11 bulan 11 atau 12.12, yang merujuk pada tanggal 12 bulan 12. 

Baca Juga: Video Harbolnas Diborong Segelintir Orang, Warganet: Pantesan Cepat Habis

Pada periode Harbolnas, konsumen akan mendapatkan berbagai penawaran menarik yang sayang untuk dilewatkan. Namun, selain menemukan berbagai penawaran menarik, konsumen juga dapat menemukan banyaknya kasus penipuan. 

Untuk menghindari penipuan saat belanja online, Anda perlu memahami tanda penipuan promo Harbolnas yang sudah sering terjadi sebelumnya. 

Dalam artikel kali ini, akan dibahas lima tanda penipuan promo Harbolnas. Berikut ulasan selengkapnya. 

1. Rating dan Review Toko Buruk

Rating yang rendah dari suatu toko menjadi indikator utama yang membuktikan toko tersebut pernah atau bahkan sering melakukan penipuan. Setelah melihat rating sebuah toko rendah, carilah opsi toko lain yang menjual produk serupa. 

Baca Juga: Cara Penjual Tanggapi Ulasan Pembeli Ini Mirip Mantan Ngajak Balikan

Selain rating, sempatkanlah untuk mengecek review toko. Pasalnya, di bagian review toko, Anda bisa mengetahui alasan pelanggan memberi rating rendah. 

Jika rating rendah diberikan pelanggan sebelumnya karena kualitas produk yang jauh berbeda dari yang ditawarkan, Anda sebaiknya tidak berbelanja di toko tersebut.

Atau bahkan, jika ada pelanggan yang merasa barang yang dipesannya tidak kunjung datang karena benar-benar tidak dikirim, segeralah cari toko lain.  

2. Deskripsi Barang Tidak Lengkap

Tanda penipuan promo Harbolnas selanjutnya adalah deskripsi barang yang tidak lengkap. Untuk mempermudah Anda menilai deskripsi barang sebuah toko, lihatlah deskripsi barang yang ada di sejumlah toko resmi.

Di toko-toko resmi ini, deskripsi barang biasanya disusun dengan sangat jelas dan terperinci. Jika deskripsi barang di sebuah toko yang Anda kunjungi ternyata tidak lengkap atau tidak jelas, sebaiknya Anda mencari pilihan lain.

Selain deskripsi barang, Anda juga perlu membaca aturan penggunaan, catatan, syarat dan ketentuan promo yang berlaku di setiap toko. 

3. Promo Abal-Abal

Promo abal-abal di masa Harbolnas memang sangat sering terjadi. Salah satu contoh promo abal-abal yang sering ditemukan adalah sebelum diberi diskon, harga produk dinaikkan terlebih dahulu. Konsumen yang gegabah otomatis akan tergiur dengan besarnya diskon yang diberikan.

Untuk menghindari hal seperti ini, Anda perlu mengecek harga pasaran produk yang ingin dibeli. Anda bisa melihatnya melalui website resmi produk tersebut atau secara offline. 

4. Harga Tak Wajar

Selain promo abal-abal, harga tak wajar juga merupakan tanda penipuan promo Harbolnas. Contohnya, Anda ingin membeli sepatu yang harga pasarannya Rp200 ribu. 

Saat Anda melihat sebuah toko online menjual sepatu itu seharga Rp50 ribu misalnya, Anda patut mencurigai toko tersebut.

Namun, jika harga sepatu tersebut dibanderol dengan harga Rp170 ribu, Anda dapat mempertimbangkan pembelian di toko itu. 

Membeli produk dengan harga tak rasional dapat membuat Anda menerima produk yang tidak sesuai dengan tampilan di toko atau bahkan produk KW.

5. Tidak Memiliki Sistem Return

Tanda penipuan promo Harbolnas yang terakhir adalah toko tidak memiliki sistem retur. Saat diskon besar-besaran, tak jarang toko yang menjual barang lama dengan kualitas yang sudah menurun. Meskipun Anda membelinya dengan harga miring, tetap saja Anda layak mendapatkan barang dengan kondisi yang baik.

Nah, untuk menghindari penipuan seperti ini, carilah toko online yang memiliki sistem retur atau penukaran barang. Jika Anda menemukan toko online yang tidak memiliki return, carilah opsi toko lainnya. 

Selain itu, Anda juga perlu memahami prosedur sistem retur ini. Jangan sampai ada biaya terselubung yang akan dikenakan pada Anda di akhir nanti.

Itu dia ulasan tentang tanda penipuan promo Harbolnas. Cermatlah saat akan membeli produk promo Harbolnas. Semoga membantu!

Kontributor : Theresia Simbolon

Komentar