alexametrics

Cara Membuat Kutu Air dengan Susu, Mudah dan Murah!

Rifan Aditya
Cara Membuat Kutu Air dengan Susu, Mudah dan Murah!
Kutu Air (Instagram)

Ada beragam cara budidaya kutu air, salah satunya ialah dengan susu. Berikut kami sajikan cara membuat kutu air dengan susu.

Suara.com - Pakan alami ikan hias adalah kutu air. Karenanya, seiring dengan banyaknya budidaya ikan hias, kebutuhan kutu air juga meningkat. Ini menjadi peluang jika kalian tahu cara membuat kutu air dengan mudah dan murah. Simak berikut ini, cara membuat kutu air dengan susu.

Kutu air merupakan crustascea kecil penghuni air. Kutu air termasuk kelompok zooplankton. Anakan ikan hias seperti burayak cupang dan lainnya akan membutuhkan pakan alami berupa kutu air. Selain ikan hias, kutu air juga menjadi pakan alami untuk semut Jepang.

Para peternak ikan hias, kemungkinan akan membudidayakan sendiri kutu air menjadi pakan ternaknya. Nah, bagaimana cara membuat kutu air? Ada beragam cara, salah satunya ialah dengan susu. Berikut kami sajikan cara membuat kutu air dengan susu.

Tahap Awal Membuat Kutu Air dengan Susu

Baca Juga: Cara Budidaya Ikan Cupang di Rumah

Cara membuat kutu air dengan susu pada tahap awal ialah dengan menentukan jenis kutu air yang mau dibudidayakan. Umumnya ada dua jenis kutu air yang relatif mudah dibudidayakan yakni jenis Daphnia dan moina.

Anda harus memilih dulu salah satunya, supaya rencana budidaya Anda berhasil, sebab Anda fokus ke satu jenis. Benih ini dapat dibeli di pasar. Ada penjual di pasar khusus hewan yang menyediakan benih kutu air.

Persiapan Tempat Budidaya Kutu Air

Cara membuat kutu air dengan susu pada tahap selanjutnya ialah menyiapkan tempat budidaya terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan ember bekas, baskon dan lain sebagainya.

Siapkan wadah bekas tersebut. Setelah itu isi dengan air hingga tersisa 3/4 bagian wadah. Setelah itu, letakkan tempat budidaya kutu air tersebut di tempat terbuka yang sejuk atau ternaungi.

Baca Juga: Cara Membuat Aquascape Murah yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Apabila diletakkan di luar rumah, waspadai hujan. Karenanya, sebaiknya diletakkan di tempat yang tidak terkena paparan hujan secara langsung. Sebab kalau terkena air hujan dan air di dalam wadah meluap, hal ini bisa menghanyutkan kutu air yang sedang diternak. Setelah wadah siap, masukkan benih.

Komentar