alexametrics

10 Tips Membuat Ayam Bakar Matang dengan Sempurna

Bimo Aria Fundrika
10 Tips Membuat Ayam Bakar Matang dengan Sempurna
ilustrasi ayam bakar (ivillage)

Salah satu makanan yang sering ada pada perayaan malam tahun baru adalah ayam bakar. Di bawah ini terdapat tips membuat ayam bakar dengan tingkat kematangan yang pas.

Suara.com - Perayaan malam tahun baru sangat identik dengan makanan yang dihidangkan. Salah satu makanan yang sering ada pada perayaan malam tahun baru adalah ayam bakar. Di bawah ini terdapat tips membuat ayam bakar dengan tingkat kematangan yang pas.

1. Pilih ayam yang baik

Ayam yang akan dimasak penting untuk diperhatikan. Memilih ayam yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kualitas masakan. Ayam yang buruk akan menyebabkan ayang bakar yang dibuat menjadi kering dan tidak matang secara sempurna. Semakin baik kualitas ayam yang Anda awali, semakin baik juga hasil masakan yang dibuat.

2. Biarkan ayam mencair sebelum dibakar

Baca Juga: Kumpulan Resep Ikan Bakar Buat Memeriahkan Malam Tahun Baru 2021

Daging putih seperti daging ayam, salah satu makanan yang kaya protein.
Ilustrasi daging ayam. 

Biasanya saat malam tahun baru, kita sudah membelinya sejak pagi atau hari sebelumnya. Biasanya ayam disimpan di kulkas. Saat penyimpanan di kulkas, ayam akan menjadi kaku dan beku. Untuk itu, sebelum memanggang ayam diharapkan untuk mebiarkannya terlebih dahulu  selama 30 menit agar es yang terbentuk dari kulkas mencair.

3. Tumbuk daging ayam

Ketebalan daging ayam berbeda-beda, saat langsung dipanggang di atas arang biasanya tingkat kematangannya tidak merata. Untuk itu, tumbuk daging ayam terlebih dahulu sebelum dibakar. Hal ini akan membuat api mengenai ayam secara menyeluruh dan masuk ke bagian dalam daging.

4. Pastikan dipotong secara merata

Ketika ayam dipotong-potong, usahakan memotong secara merata. Hal ini akan membantu saat memanggang secara bersamaan tidak ada bagian yang kelebihan atau kurang matang.

Baca Juga: Spesial di Tahun Baru! Resep Jagung Bakar Pedas Manis Sederhana

5. Pastikan garam yang cukup

Komentar