alexametrics

Yuk Melatih Mental dengan Tiga Cara Ini!

Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
Yuk Melatih Mental dengan Tiga Cara Ini!
Ilustrasi anak memiliki mental kuat (Unsplash @larm)

Biasanya mental seseorang mulai berkembang di masa kanak-kanak yang juga dipengaruhi oleh mental orangtua serta sekitar.

Suara.com - Orang yang kuat secara mental dapat menghadang segala rintangan yang ada. Dikatakan, kekuatan mental batin dapat membawa seseorang maju dalam hidup, di saat menghadapi semua kegagalan.

Menurut Dr Sonal Anand, psikiater ternama di Rumah Sakit Wockhardt, Mumbai, kekuatan mental dapat diperoleh dari pengalaman dan observasi.

Biasanya mental seseorang mulai berkembang di masa kanak-kanak yang juga dipengaruhi oleh mental orangtua serta sekitar.

Namun hal ini tidak selalu terjadi. Kadang-kadang, meski memiliki orangtua kuat secara mental, anak bisa menjadi sebaliknya.

Baca Juga: Video Detik-detik Truk Tabrak Rumah Gegara Dicegat Anak Punk di Tuban

Ilustrasi anak menangis [Shutterstock]
Ilustrasi anak menangis [Shutterstock]

Melansir dari Healthshots, berikut tiga tips untuk melatih agar kamu punya mental yang kuat:

1. Melatih kesehatan
Mental yang kuat berkaitan dengan pikiran dan tubuh yang sehat. Kesehatan fisik berperan besar dalam mengembangkan kesehatan mental yang baik. Kebugaran jasmani mesti diutamakan, tapi bukan hanya penampilan fisik.

2. Melatih relaksasi
Kekuatan mental berasal dari kebiasaan yang dilakukan. Caranya harus berusaha menjaga pikiran yang bebas dari konflik. Mulai lah latihan relaksasi, seperti yoga dan meditasi yang dapat menyeimbangkan tubuh dan meningkatkan kekuatan mental.

3. Menjaga kehidupan sosial yang sehat
Dr. Anand mengatakan, memiliki seseorang yang dekat secara emosional memberikan kekuatan mental yang baik, yang dapat membantu kesehatan mental secara baik.

“Menjaga kehidupan sosial yang sehat, mempelajari cara menyeimbangkan prioritas dapat membuat segalanya lebih sederhana,” ungkapnya.

Baca Juga: Geger Anak SMP Cabuli Bocah SD, Rumah Pelaku Rata Diamuk Warga

Komentar