alexametrics

Ria Ricis Tak Sempat Bertemu Ayah, Ini Cara Berbakti Pada Orangtua yang Sudah Meninggal

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Ria Ricis Tak Sempat Bertemu Ayah, Ini Cara Berbakti Pada Orangtua yang Sudah Meninggal
Ria Ricis dan ayahnya [Instagram]

Ria Ricis tak bisa menemani ayahandanya di saat terakhir, karena sedang berada di Indonesia Timur untuk bekerja.

Suara.com - Kabar duka baru saja menyelimuti Youtuber Ria Ricis, karena kepergian sang ayah, Sulyanto pada, Jumat (4/5/2021) lalu. Mirisnya, ayah Ria Ricis meninggal saat ia sedang berada jauh dari rumah karena tuntutan pekerjaan di Timur Indonesia. Alhasil, Ricis tidak bisa menemani sang ayah di saat terakhir beliau mengembuskan napas terakhirnya.

Apa yang terjadi pada Ricis bisa saja dialami juga oleh kita. Namun, ada baiknya kita tidak berlarut dalam kesedihan karena tak bisa berada di samping orangtua di saat terakhirnya. Karena meskipun orangtua sudah tiada, masih ada cara bagi kita untuk tetap bisa berbakti kepada mereka.

Mengutip NU Online, inilah cara berbakti kepada orangtua yang sudah meninggal dunia, sebagaimana hadis Nabi Muhammad SAW, yang menyarankan melakukan empat hal, yaitu:

1. Mendoakan kedua orangtua.
2. Memohonkan ampunan untuk dosa orangtua.
3. Memenuhi janji orangtua yang belum ditunaikan sebelum meninggal dan memuliakan teman kedua orangtua.
4. Tetap menjalin persaudaraan dan silaturahmi dari silsilah ibu maupun silsilah ayah.

Baca Juga: Wafat, Ayah Ria Ricis Dimakamkan di Ponpes Milik Ustaz Yusuf Mansur

Hadis itu diriwayatkan Musnad Ahmad, dengan isi lengkapnya sebagai berikut:

“Suatu ketika saya sedang duduk-duduk bersama Rasulullah, tiba-tiba ada seorang laki-laki dari sahabat Anshar datang berkunjung. Ia bertanya kepada Rasul, ‘Ya Rasul, apakah saya bisa berbaik budi kepada kedua orangtua saya yang sudah meninggal?"

"Rasul lalu menjawab, ‘Iya, ada empat hal, yaitu (1) mendoakan mereka, (2) memohonkan ampunan untuk keduanya, (3) menunaikan janji mereka dan memuliakan teman mereka, dan (4) menjalin silaturahim dengan orang-orang yang tidak akan menjadi saudaramu kecuali melalui perantara ayah-ibumu. Itulah budi baik yang harus kamu lakukan setelah mereka meninggal."

Komentar