alexametrics

3 Cara Basmi Semut di Tanaman yang Super Ampuh

Rifan Aditya
3 Cara Basmi Semut di Tanaman yang Super Ampuh
3 Cara Basmi Semut di Tanaman Secara Alami yang Super Ampuh - Ilustrasi semut. (Unsplash/Guillaume de Germain)

Keberadaan semut sering kita jumpai dimana-mana, termasuk pada tanaman. Lantas, bagaimana cara basmi semut di tanaman?

Suara.com - Keberadaan semut sering kita jumpai dimana-mana, termasuk pada tanaman. Lantas, bagaimana cara basmi semut di tanaman? Simak berikut ini caranya.

Semut di tanaman bisa dibilang sebagai hama atau pengganggu. Bukan tak mungkin keberadaan semut tersebut akan membuat tanaman rusak atau bahkan mati jika tak lekas dibasmi.

Nah, biar tanaman terhindar dari gangguan hama semut, berikut ini cara basmi semut di tanaman yang paling ampuh mengutip dari Home Guides (8/7/2021).

1. Citrus oil

Baca Juga: Ilmuwan Putuskan Hapus Nama Spesies Ngengat dan Semut yang Diskriminasi

Citrus oil ini merupakan obat pembasmi hama yang terbuat dari bahan alami, dan dianggap ampuh untuk membuat semut-semut enyah dari tanaman. 

Diketahui, citrus oil ini mengandung banyak insektisida alami. Bahkan, kamu bisa membuay sendiri di rumah. Adapun bahan-bahan yang diperlukan yakni: minyak esensial jeruk, molase sabun cuci piring, dan air.

Cara membuatnya mudah, campurkan semuan bahan, lalu semprotkan ke area sekitar tanaman guna membasmi semut. Beberapa saat kemudian, tanamanmu akan terbebas dari hama semut.

2. Sabun Cuci Piring

Cara basmi semut di tanaman berikutnya yaitu menggunakan sabun cuci piring. Cara pengaplikasiannya pun terbilang mudah.

Baca Juga: 6 Cara Mengusir Semut di Makanan, Ampuh!

Adapun caranya yaitu tambahkan sabun cuci piring satu sendok teh ke dalam air hangat satu liter, kemudian aduk sampai bahan-bahannya tercampur rata. Setelah itu, semprotkan bahan campuran tersebut ke tanaman untuk membasmi semut.

Komentar