alexametrics

7 Cara Menyalakan Arang yang Mudah dan Cepat untuk Bakar Sate Idul Adha 2021

Rifan Aditya
7 Cara Menyalakan Arang yang Mudah dan Cepat untuk Bakar Sate Idul Adha 2021
Cara menyalakan arang yang mudah dan cepat - Ilustrasi sate, arang, bakar sate, menyalakan arang (Elemen Envato)

Berikut ini cara menyalakan arang dengan mudah dan cepat untuk bakar sate saat Idul Adha 2021.

Suara.com - Hari Raya Idul Adha identik dengan memanggang atau membakar sate. Untuk memanggang sate, biasanya menggunakan alat pemanggang berbahan arang. Berikut ini cara menyalakan arang dengan mudah dan cepat untuk bakar sate saat Idul Adha 2021.

Diketahui, arang menjadi elemen penting dalam proses memanggang sate maupun makanan lainnya. Arang mampu menghasilkan bara api yang akan menjadikan cita rasa makanan terasa begitu nikmat. 

Namun, tak dapat dipungkiri, untuk menyalakan arang dibutuhkan keahlian ekstra dan kesabaran. Dengan nyala arang yang pas, maka akan menghasilkan cita rasa yang juga pas.

Cara Menyalakan Arang yang Mudah dan Cepat

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Harga Daging di Abdya Rp 200 Ribu per Kilogram

Nah, buat kamu yang akan bakar atau panggang sate maupun makanan lainnya di hari Idul Adha 2021, berikut ini cara menyalakan arang yang mudah dan cepat.

  1. Menyiapkan Panggangan
    cara menyalakan arang dengan mudah dan cepat yang pertama yakni dengan menyiapkan arang dan alat pemanggang. Pastikan alat pemanggang diletakan di tempat luas dan aman.
  2. Bersihkan Panggangan
    Pastikan alat pemanggang bersih, tidak basah serta bebas dari abu maupun kotoran. Jangan lupa untuk bersihkan juga sisa puing-puing arang yang biasanya terdapat pada bagian bawah maupun sudut-sudut alat pemanggang.
  3. Buka Saluran Udara
    Pastikan alat pemanggang mempunyai oksigen atau udara yang cukup. Hal tersebut berfungsi agar nantinya api tidak cepat padam. Jika api selalu padam, maka proses pemanggangan juga akan tersendat.
  4. Menyiapkan Arang
    Jangan lupa untuk menyiapkan arang berukuran yang sesuai dengan alat pemanggang. Selain itu, arang bisa juga dicampur bersama batok kelapa atau kayu agar api mampu tahan lama serta mengeluarkan aroma khas.
  5. Bentuk arang serupa piramida
    Cara menyalakan arang dengan mudah dan cepat yang mungkin belum diketahui banya orang adalah dengan menatanya seperti piramida. Kumpulkan arang atau bara dan bentuk serupa piramida pada bagian bawah panggangan. Dengan komposisi seperti ini membantu api agar  menyebar secara rata.
  6. Menggunakan cairan arang ringan
    Agar mendapatkan api yang tahan lama atau tidak cepat padakan, jangan lupa menggunakan cairan arang ringan. Kamu bisa menuangkan cairan tersebut, lalu biarkan agar meresap 3-5 menit.
  7. Menyalakan api
    Jika sudah melakukan cara seperti pada poin-poin di atas, kamu bisa nyalakan api menggunakan korek pada bagian arang yang terkena cairan. Setelah itu, api membakar arang sekitr 10-15 menit hingga kemudian menjadi bara.

Jika arang sudah berwarna putih keabuan dan kemerahan pada bagian tengah, itu artinya arang sudah siap digunakan untuk memanggang sate. Jangan lupa menggunakan penjepit untuk menata arang.

Demikianlah informasi mengenai cara menyalakan arang yang mudah dan cepat untuk bakar sate di hari raya Idul Adha 2021 ataupun di hari-hari lainnya yang asyik untuk bakar-bakaran.

Kontributor : Ulil Azmi

Baca Juga: Link Live Streaming Khutbah Arafah 2021 dan Cara Nontonnya Sore Ini 16.30 WIB

Komentar