alexametrics

Catat Dulu Yuk, 5 Destinasi Wisata Alam Indonesia untuk Dikunjungi Jika PPKM Usai

Bimo Aria Fundrika
Catat Dulu Yuk, 5 Destinasi Wisata Alam Indonesia untuk Dikunjungi Jika PPKM Usai
Gua Gong, Pacitan, Jawa Timur. (Dok: RedDorz)

Tapi tidak ada salahnya kok, mencatat wishlist atau daftar destinasi wisata alam untuk dikunjungi jika PPKM sudah dilonggarkan.

Suara.com - Sebagai negara kepulauan, Indonesia dianugerahi keindahan alam yang mempesona dan potensial dijadikan wisata alam untuk melepas penat dari rutinitas pekerjaan.

Memang, sekarang pemerintah masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang membuat hasrat libur untuk ditahan lebih dahulu. Tapi tidak ada salahnya kok, mencatat wishlist atau daftar destinasi wisata alam untuk dikunjungi jika PPKM sudah dilonggarkan.

Berikut daftar wisata alam yang direkomendasikan, berdasarkan siaran pers RedDoorz, Sabtu (24/7/2021):

1. Terasering Panyaweuyan, Argapura, Majalengka.  

Baca Juga: Persiapkan Pelonggaran PPKM Darurat, DIY Kebut Vaksinasi Pelaku Wisata

Terasering Panyaweuyan, Argapura, Majalengka.   (Dok: RedDorz)
Terasering Panyaweuyan, Argapura, Majalengka. (Dok: RedDorz)

Provinsi Jawa Barat dikenal memiliki banyak pemandangan alam yang indah dan asri, salah satunya adalah Terasering Panyaweuyan yang berada di Kecamatan Argapura. Terasering merupakan suatu pola atau teknik bercocok tanam dengan sistem bertingkat (berteras- teras) sebagai upaya pencegahan erosi tanah.

Terasering yang terletak di kaki gunung Ciremai ini terbentang lebar sejauh mata memandang, dibentuk undakan dengan ukuran sangat rapat atau dengan ukuran sama setiap bagian bukit. Cocok untuk dijadikan wishlist liburan kamu nanti saat pandemi selesai, yaitu mengunjungi Majalengka untuk melihat keindahan terasering yang amat rapi ini.

2. Danau Kaolin, Belitung, Bangka Belitung

Danau Kaolin, Belitung, Bangka Belitung. (Dok: RedDorz)
Danau Kaolin, Belitung, Bangka Belitung. (Dok: RedDorz)

Terletak di Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Danau Kaolin merupakan danau yang terbentuk di area bekas penambangan kaolin di mana menjadi salah satu kekayaan tambang yang memang dikenal sebagai hasil bumi Bangka Belitung.

Kaolin sendiri merupakan bahan baku industri berupa batuan atau lempung berwarna putih. Kaolin biasanya digunakan untuk pembuatan keramik, obat-obatan, kertas berlapis, kosmetik, dan pasta gigi namun kebanyakan digunakan untuk pembuatan porselen.

Baca Juga: Pelaku Wisata di Pantai Depok Menjerit Imbas PPKM Level 4, Bayar Pegawai Saja Tak Sanggup

Kesan pertama usai melihat area danau ini adalah, seperti berada di antartika, melihat banyaknya pemandangan putih yang tidak biasa ini. Walaupun danau ini merupakan sebuah luka karena eksploitasi, setidaknya, alam kembali merestorasi tempat ini menjadi wishlist destinasi wisata alam yang patut dikunjungi.