alexametrics

5 Keutamaan Salat Subuh Berjamaah

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
5 Keutamaan Salat Subuh Berjamaah
Ilustrasi Salat Subuh Berjamaah. (Elements Envato)

Setelah tahu apa saja keutamaannya, Anda mungkin tak ingin meninggalkannya lagi.

Suara.com - Sebagai salah satu salat wajib yang dilakukan oleh umat muslim, banyak yang mengatakan jika salat subuh adalah yang paling berat. Hal ini lantaran salat subuh dilakukan saat mata masih mengantuk.

Namun, salat subuh ternyata memberi banyak pahala, terutama jika dilakukan secara berjamaah di masjid. Salat subuh berjamaah memiliki 5 keutamaan yang tak Anda sangka-sangka. Apa saja? Berikut lima keutamaan salat subub erjamaah, seperti yang dilansir dari laman Dalam Islam.

1. Mendapatkan berkah
Salat subuh berjamaah bisa mendapatkan berkah dari Allah SWT. Sebab, salat subuh yang dilaksanakan telah didoakan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana yang disebutkan oleh hadis Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibn Majah:

Ya Allah, berkahilah umatku pada waktu paginya.”

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Salat Manusia Diterima Allah Menurut Ustadz Adi Hidayat, Anda Yang Mana?

2. Mendapatkan cahaya saat kiamat tiba
Salat subuh yang dilaksanakan saat langit masih gelap akan mendapatkan ganjaran besar dari Allah SWT. Salah satunya bisa mendapatkan cahaya saat kiamat kelak. Hal ini disebut oleh hadis Abu Dawud dan Tirmidzi:

Dari Buraidah al-Aslami radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat.

3. Mendapat pahala yang berlimpah
Melaksanakan salat subuh akan mendapat pahala yang berlimpah jika dilakukan secara berjamaah di masjid. Tentunya, pahala yang besar ini akan diberikan sebanyak 27 kali lipat bagi umat muslim yang melaksanakannya.

4. Penyelamat dari siksaan api neraka
Salat subuh bisa menjadi cara untuk menyelamatkan diri dari siksaan api neraka. Hal ini disebutkan oleh Nabi SAW lewat hadis Muslim, bahwa:

Tidak akan masuk neraka, orang yang melaksanakan salat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya.” (HR.Muslim)

Baca Juga: Rafathar Rajin Salat Subuh, Raffi Ahmad Juga Tak Mau Kalah

5. Bisa menjadi jaminan masuk surga
Salat subuh bisa menjadi jaminan umat muslim masuk surga. Hal ini disebutkan oleh Nabi SAW. Beliau bersabda:

Komentar