alexametrics

Alasan Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Suku Baduy di Sidang MPR Hari Ini

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
Alasan Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Suku Baduy di Sidang MPR Hari Ini
Presiden Jokowi menyampaikan pidato kenegaraan. (Suara.com/Fadil)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencuri perhatian saat datang ke acara tersebut karena mengenakan baju adat Suku Baduy.

Suara.com - Setiap tahun menjelang 17 Agustus 2021, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membacakan sidang tahunan MPR, DPR, dan DPD yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan RUU APBN 2022. 

Dalam kesempatan yang digelar hari ini, Senin (16/8/2021) Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencuri perhatian saat datang ke acara tersebut karena mengenakan baju adat Suku Baduy, yang ada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. 

Presiden RI ke-7 tersebut tampak lengkap mengenakan baju kutung berwarna hitam, telengkung berwarna biru dan tas koja. Ia juga memadukan tampilan tersebut dengan sandal bertali yang unik.

Baju kutung sendiri merupakan baju berlengan panjang tanpa kerah atau yang biasa disebutjamang sangsang. Sedangkan telengkung yang Jokowi pakai memang sangat khas dengan para lelaki Baduy, yang merupakan ikat kepaladari hasil tenun masyarakat Baduy.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Suku Baduy

Presiden Jokowi pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR RI. (ist)
Presiden Jokowi pidato kenegaraan di sidang tahunan MPR RI. (ist)

Sementara tas koja atau jarogsering  digunakan Suku Baduy dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Seperti berladang, bercocok tanam, hingga menangkap ikan disungai. 

Bentuknya yang menyerupai kotak dan mudah dibawa menjadikan tas ini selalu terlihat mendampingi dimana pun Suku Baduy berada.

Kantor Staf Presiden melalui akun Twitter-nya menjelaskan jika penyiapan baju adat ini dibantu langsung oleh Jaro Saija, Tetua Adat Masyarakat Baduy sekaligus Kepala Desa Kanekes. Simak cuitan lengkap di sini.

Lantas, apa alasan Jokowi memakai baju adat Baduy? Akun tersebut juga menyebut jika ini merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan pada  keluhuran nilai-nilai adat dan budaya suku Baduy.

Deskripsi baju adat Suku Baduy, Banten [SuaraSulsel.id / KSP]
Deskripsi baju adat Suku Baduy, Banten [SuaraSulsel.id / KSP]

"Presiden @jokowi memilih menggunakan pakaian adat suku Baduy sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada  keluhuran nilai2 adat dan budaya suku Baduy," tulis akun tersebut.

Baca Juga: Bersyukur Jokowi Turunkan Harga Tes PCR, Iwan Fals: Alhamdulillah Lagi kalau Gratis

Tentu saja, hal ini membuat penampilan Jokowi menjadi sorotan banyak warganet. Tak sedikit yang memuji pilihannya pada tahun ini.

Komentar