alexametrics

Bikin Kue Monas Setinggi 1 Meter untuk Hari Kemerdekaan RI, Warganet Tak Tega saat Dimakan

Rima Sekarani Imamun Nissa | Hiromi Kyuna
Bikin Kue Monas Setinggi 1 Meter untuk Hari Kemerdekaan RI, Warganet Tak Tega saat Dimakan
Ilustrasi Monumen Nasional [Suara.com/Alfian Winanto]

Kue Monas setinggi 1 meter itu sangat memukau hingga warganet tak tega melihat kue tersebut dimakan.

Suara.com - Di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, sejumlah orang ingin merayakannya dengan membuat karya yang bermakna. Karya tersebut pun beragam mulai dari lukisan, tata rias khas merah putih, kue, dan lainnya.

Seorang pria memilih untuk membuat kue dengan tinggi 1 meter khusus untuk Hari Kemerdekaan RI. Ia membuat kue berbentuk Monumen Nasional atau Monas dan proses pembuatannya dibagikan melalui akun TikTok @gpjkt.

Proses pembuatan kue monas setinggi 1 meter ini dibagi menjadi tiga video. Pada video pertama, ia menunjukkan proses pembuatan kuenya terlebih dulu.

Ia menggunakan bahan telur, tepung terigu, bubuk cocoa, margarin, gula, dan baking soda. Semua bahan itu diperhitungkan jumlah takarannya dan diproses hingga membentuk adonan kue.

Baca Juga: Fakta Unik Bendera Merah Putih 168 Meter Selimuti Rumah Suku Dayak

Adonan tersebut kemudian dipanggang dan dipotong untuk membuat pelataran atau cawan Monas terlebih dulu. Ukuran bagian bawah ini adalah 40 sentimeter kali 40 centimeter dengan tinggi 9 sentimeter.

Kue Monas setinggi 1 meter (TikTok @gpjkt)
Kue Monas setinggi 1 meter (TikTok @gpjkt)

Ternyata perhitungan itu agak meleset sehingga ia perlu menambal dengan kue lain dan dipotong untuk membuat bentuk yang sesuai.Kue tersebut dilapisi dengan ganache dan segera didinginkan di kulkas.

Cawan itu lantas dilapisi dengan fondan putih dan pria ini mulai membuat bagian tubuh monas. Ia memberi tusukan besi di bagian tengah untuk menopang tubuh monas tersebut.

Potongan kue disusun pada tusukan besi tersebut diberi ganache dan ditutup dengan fondan putih kemudian dimasukkan ke dalam kulkas. Untuk bagian atasnya dibuat dengan fondan kuning dan kemudian diberi warna emas.

Kue Monas setinggi 1 meter pun telah jadi. Tak menunggu lama, seorang pria lainnya datang dan langsung menyantap kue tersebut.

Baca Juga: Mengenal Kesenian Tradisional yang Jadi Ikon Google Doodle HUT RI

Video ini pun menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Eh sumpah ini keren banget, tapi gue nggak bisa lihat kue sebagus itu dimakan," komentar seorang warganet.

Warganet lain ikut berkomentar. "Kok kuenya dimakan? Udah susah susah buat kuenya malah langsung dimakan. Sabar bentar kenapa? Huhu," tulis warganet ini.

Sementara itu, hingga Rabu (18/8/2021), video ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 11 juta kali di TikTok.

Untuk melihat video selengkapnya, klik di sini!

Komentar