alexametrics

Detergen Bubuk vs Detergen Cair, Mana yang Lebih Baik?

Arendya Nariswari
Detergen Bubuk vs Detergen Cair, Mana yang Lebih Baik?
Ilustrasi detergen bubuk (Shutterstock)

Kerap membuat banyak orang bingung, simak keunggulan serta manfaat detergen bubuk dan cair berikut ini.

Suara.com - Penggunaan detergen cair dan detergen bubuk tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lalu sebenarnya apa manfaat detergen bubuk dan cair yang jarang diketahui?

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui karakteristik detergen cair dan detergen bubuk untuk mengetahui mana yang paling tepat untuk digunakan.

Dilansir dari Taste of Home (23/8/2021), berikut keunggulan serta manfaat dari detergen bubuk dan detergen cair.

  • Detergen bubuk lebih murah

Menurut Shoaib Arif, Manajer Aplikasi dan Layanan Teknis di Pilot Chemical (pembuat surfaktan), harga detergen bubuk yang lebih murah ini dikarenakan detergen bubuk tidak membutuhkan bahan kimia terlalu banyak seperti detergen cair.

Baca Juga: Kandungannya Bisa Merusak Lingkungan, Begini Cara Pilih Sunscreen yang Aman

  • Detergen cair lebih praktis

Detergen cair dianggap lebih praktis karena saat menggunakan bisa langsung dituangkan ke mesin cuci, dibanding harus menyendok saat menggunakan detergen bubuk.

Apalagi detergen bubuk lebih mudah berhamburan dan kemasannya yang berupa kardus yang sulit dibawa dan mudah robek jika terkena air.

  • Detergen bubuk umur simpannya lebih panjang

Detergen bubuk dapat mempertahankan kekuatan pembersihan lebih lama. Karena detergen cair akan kehilangan kekuatannya saat tercampur air.

Jika Anda suka membeli detergen dalam jumlah banyak, detergen bubuk bisa dijadikan pilihan.

  • Detergen cair tidak berkelanjutan

Meski wadah detergen cair jauh lebih praktis, namun kemasan mereka tidak dapat didaur ulang sehingga hanya sekali pakai. Berbeda dengan kemasan kardus yang mudah didaur ulang.

Baca Juga: Peserta Vaksinasi COVID-19 di Garut Berpeluang Bawa Pulang Mesin Cuci

Selain itu, detergen cair yang mengandung banyak air akan lebih berat dan menghasilkan lebih banyak gas yang dilepas ke atmosfer

Komentar