Sejarahnya Mengerikan, Beyonce Kesal Sempat Pakai Berlian Senilai Rp452 Miliar Ini

Yasinta Rahmawati | Nur Khotimah
Sejarahnya Mengerikan, Beyonce Kesal Sempat Pakai Berlian Senilai Rp452 Miliar Ini
Jay Z dan Beyonce. (Instagram/@beyonce)

Beyonce menjadi orang keempat di dunia yang pernah memakai berlian ini.

Suara.com - Beyonce dan sang suami, Jay Z, ditunjuk sebagai model kampanye terbaru merek perhiasan, Tiffany Co. Pada kesempatan ini, Beyonce memakai berlian yang disebut-sebut sebagai koleksi terbesar dan termahal.

Tidak tanggung-tanggung, berlian kuning yang dipakai Beyonce nilainya diprediksi mencapai 22,9 juta Pound sterling atau sekitar Rp452 miliar. Tidak banyak orang bisa memakai berlian Tiffany ini.

Beyonce adalah orang keempat di dunia yang berkesempatan memakai berlian tersebut. Ia sekaligus menjadi wanita kulit hitam pertama yang bisa tampil mengenakan berlian 128 karat itu.

Alih-alih bangga, pelantun hits "Listen" ini justru dikabarkan kesal karena sudah memakai berlian tersebut. Reaksi itu muncul setelah dia tahu sejarah di balik berlian yang dipakainya.

Baca Juga: Sejarah dan Fakta Menarik Kabbadi, Cabang Olahraga Andalan Masyarakat India

Melansir The Sun, berlian itu kabarnya digali dari Beers’ Kimberly Mine di kolonial Afrika Selatan pada tahun 1877 oleh buruh kulit hitam yang dibayar rendah. Kondisi mereka juga mengerikan.

Potret Beyonce dan Jay Z jadi model kampanye merek perhiasan. (Instagram/@tiffanyandco)
Potret Beyonce dan Jay Z jadi model kampanye merek perhiasan. (Instagram/@tiffanyandco)

Mereka dipaksa bekerja dengan kecepatan dalam kondisi lokasi sempit yang membahayakan pekerja. Dikabarkan juga bahwa kecelakaan fatal kerap terjadi selama proses penggalian.

Perumahan pekerja juga tidak memiliki pembuangan limbah dan sumber air alami. Akibatnya, sebanyak 1.444 pekerja meninggal karena berbagai penyakit termasuk pneumonia dan kudis.

Pada tahun 1879, berlian kuning itu dijual kepada Charles Tiffany pendiri Tiffany & Co. Saat itu Charles sudah mendirikan toko perhiasan Amerika Serikat kelas atas miliknya.

Tidak heran jika kemudian muncul kritikan online ketika Beyonce memakai berlian tersebut. Terkait kritikan ini, Beyonce pun merasa kesal karena tidak diberitahu sejarah perhiasan yang dipakainya.

Baca Juga: SEJARAH HARI INI: Mengenal BRDM-1, Panser Amfibi TNI dari Era 60-an

Potret berlian kuning senilai Rp452 miliar yang dipakai Beyonce. (Instagram/@tiffanyandco)
Potret berlian kuning senilai Rp452 miliar yang dipakai Beyonce. (Instagram/@tiffanyandco)

"Beyonce menyadari kritikan itu dan kecewa serta marah karena tidak diberitahu tentang pertanyaan tentang sejarahnya," jelas seorang sumber seperti melansir The Sun, Jumat (27/8/2021).