alexametrics

Dua Kisah Perempuan dan Proses Berubah Menjadi Versi Terbaik Diri Sendiri

Risna Halidi
Dua Kisah Perempuan dan Proses Berubah Menjadi Versi Terbaik Diri Sendiri
Ilustrasi perempuan bahagia. (Pexels/Andrea Piacquadio)

Berubah menjadi versi diri terbaik merupakan dambaan hampir banyak orang.

Suara.com - Satu hal yang pasti terjadi dalam hidup adalah perubahan. Maka dari ini, berubah menjadi versi diri terbaik merupakan dambaan hampir banyak orang.

Itu juga yang diangkat dalam webinar bertajuk Becoming A New Version of Me, yang diselenggarakan oleh Alumni angkatan ke-33 Institut Pertanian Bogor (IPB) beberapa waktu lalu.

Salah satu pembicara yaitu Wiene Andriyana mengatakan, sejak menikah dengan seorang diplomat pada 2004 lau, dirinya berubah dan memutuskan untuk mantap menerapkan gaya hidup nomaden.

Alumni Ilmu Manajemen Kehutanan IPB itu kini berkomitmen untuk menganut gaya hidup nomaden dengan pola yang akan terus berulang yaitu tiga sampai empat tahun di luar negeri, lalu tiga tahun pulang ke Indonesia dan kembali lagi ke luar negeri selama tiga sampai empat tahun berikutnya.

Baca Juga: 5 Bahaya Tidur Menyalakan Lampu, Salah Satunya Perempuan Sulit Punya Anak

Webinar Becoming A New Version of Me
Webinar Becoming A New Version of Me (Alumni angkatan ke-33)

Dalam acara webinar, Wiene mengaku dirinya terinspirasi dari buku Be More Tree dan menganggap perjalanan hidupnya terkoneksi dengan Filosofi Pohon.

"Falsafah pertama dalam Filosofi Pohon adalah Bend and Shape it Like a Tree, falsafah kedua, When there is a wood, there is a way, falsafah ketiga, Brench Out of Life (wood wide web), dan falsafah keempat, Be Wood Wide and Nurture with Nature," katanya dikutip Suara.com dari siaran pers, Rabu (15/9/2021).

Saat ini dirinya bekerja sebagai konsultan di UNDP Indonesia, CIFOR dan IISD serta aktif menulis di Majalah Forest Digest. Namun untuk menjadi seperti sekarang, ia harus mengundurkan diri dari pekerjaannya sebagai ASN Dosen di Universitas Lampung, dan mendampingi suami yang bertugas di Lisbon, Portugal selama tiga tahun.

Ia kemudian kembali ke Indonesia selama tiga tahun membawa dua orang anak yang lahir di Lisbon. Wiene dan keluarga  kembali mendampingi tugas suami ke Wina, Austria di mana Wiene melanjutkan studi doktoralnya.  Sejak 2018 hingga saat ini, Wiene dan keluarga menetap di Ottawa, Kanada.
 
Becoming a New Version of Me, bagi Wiene, berarti menjadi seorang yang lebih baik dari waktu ke waktu. Dengan gaya hidup yang berpindah-pindah dari satu negara ke negara lainnya mengikuti tugas suami melahirkan tantangan dan peluang bagi Wiena agar tetap bisa mengembangkan diri.

Pembicara lainnya yaitu Wully Wahyuni, saat ini merupakan  orang Indonesia pertama sekaligus perempuan pertama yang menjadi General Manager di PT Trow Nutrition Indonesia.

Baca Juga: Tim Medis Coba Ungkap Misteri Kematian Massal Burung Pipit di Balai Kota Cirebon

Mengawali karier di perusahaan Elanco Animal Health dari tahun 2004-2011, ia kemudian menjabat sebagai Regional Manager Brand Poultry Asia Pacific, lalu menjadi Country Director di PT Novus International Indonesia pada 2011-2018.