alexametrics

Hari Perhubungan Nasional, Saatnya Buat Transportasi Umum Ramah Disabilitas

Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Hari Perhubungan Nasional, Saatnya Buat Transportasi Umum Ramah Disabilitas
Transportasi umum ramah disabilitas. (UNDP Indonesia)

Kita masih banyak menemukan penyandang disabilitas yang menghadapi tantangan saat menggunakan transportasi umum.

Suara.com - Hari Perhubungan Nasional diperingati setiap tanggal 17 September. Tahun ini, peringatan Hari Perhubungan Nasional menjadi momen tepat untuk ciptakan transportasi umum ramah penyandang disabilitas.

Diungkap Ketua Umum Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), Maulani Rotinsulu, bahwa ia masih menemukan rekan penyandang disabilitas menemukan tantangan saat menggunakan transportasi umum.

Sehingga ia berharap momen Hari Perhubungan Nasional ini dapat meningkatkan kampanye transportasi umum yang aman dan ramah penyandang disabilitas.

"Kami berharap kampanye ini dapat menginspirasi pengguna transportasi umum agar lebih berempati dan beretika dengan masyarakat penyandang disabilitas sesuai dengan semangat kesetaraan dalam mengakses layanan transportasi yang tersedia," ujar Maulani dalam keterangan RESTORE UNDP yang diterima suara.com, Sabtu (17/9/2021).

Baca Juga: Rohani Penyandang Disabilitas Aceh dan Pelukis 'Luar Biasa'

Selain itu, ia juga berharap upaya perbaikan layanan transportasi umum untuk penyandang disabilitas juga terus dilakukan.

Permintaan itu disanggupi Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, yang mengatakan layanan transportasi umum harus berkeadilan sesuai dengan amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

“Oleh karena itu, momentum ini adalah saat yang tepat untuk mengajak semua pihak, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan perusahaan angkutan umum untuk saling berkolaborasi dan bergerak menciptakan atau memberikan perlakuan khusus yang memudahkan mobilitas para penyandang disabilitas,” sahut Budi.

Hasilnya, di kereta commuter line, Transjakarta, dan MRT akan dipasang aneka poster dan film pendek tentang pentingnya transportasi umum untuk penyandang disabiltias.

Poster dan film pendek ini dipasang sejak 17 September 2021 hingga satu bulan ke depan di di lokasi-lokasi fasilitas transportasi umum seperti halte transjakarta, stasiun kereta commuter line, dan stasiun MRT.

Baca Juga: Daftar 4 Tempat Wajib Pakai Sertifikat Vaksin Covid-19 Lewat Aplikasi PeduliLindungi

Komentar