alexametrics

Ketahui Tanda Anjing Peliharaan Gelisah, Biar Tak Makin Agresif!

Risna Halidi
Ketahui Tanda Anjing Peliharaan Gelisah, Biar Tak Makin Agresif!
Ilustrasi anjing (Elements Envato)

Anda mesti mengetahui tanda-tanda anjing Anda gelisah dan lebih agresif dari biasanya.

Suara.com - Sebagai pemilik anjing, Anda mesti mengetahui tanda-tanda anjing Anda gelisah dan lebih agresif dari biasanya. Dilansir dari Purina, berikut adalah tanda-tanda peringatan di mana anjing Anda mengalami agresi.

  • Menguap atau menjilat bibir: sering kali ini merupakan indikator pertama bahwa anjing Anda merasa tidak nyaman.
  • Putar kepala: seiring dengan menguap atau menjilat bibir, dia mungkin memalingkan kepalanya dari penyebab ketidaknyamanannya.
  • Mata paus: seringkali perilaku anjing yang agresif akan mencakup anjing yang menunjukkan bagian putih matanya, umumnya dikenal sebagai "mata paus."
  • Berjongkok dengan ekor di antara kedua kakinya: tanda-tanda peringatan yang lebih jelas termasuk berjongkok dengan ekor di antara kedua kakinya, mengangkat cakarnya atau tegang di sekitar mata atau mulut.
  • Tiba-tiba hening: terkadang, seekor anjing menjadi kaku atau diam sebelum dia menjadi agresif.
  • Ekor yang bergoyang-goyang: ekor yang bergoyang-goyang tidak selalu menunjukkan anjing yang ramah. Ekor goyang kaku atau kibasan ekor pada anjing yang berjongkok dengan bahasa tubuh yang lebih rendah semuanya bisa menandakan anjing yang berkonflik, ketakutan, atau khawatir.
  • Menggeram: sering kali menggeram merupakan peringatan terakhir—namun bagi banyak orang, ini adalah pertama kalinya mereka menyadari ada sesuatu yang salah. Menggeram adalah ekspresi yang jelas dari ketakutan dan ketidaknyamanan. Geraman anjing Anda mungkin akan meningkat menjadi menggigit jika situasinya tidak berubah.

Saat melihat tanda-tanda tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan mereka.

Apalagi kebanyakan anjing memberikan tanda peringatan sebelum menggigit atau menyerang. Berikut adalah beberapa cara yang membantu anjing yang tiba-tiba mengalami gelisah. 

Ilustrasi anjing (Elements Envato)
Ilustrasi anjing (Elements Envato)
  • Singkirkan sumber stres, ketakutan, atau gairah anjing Anda atau singkirkan dia dari situasi tersebut.
  • Mengambil langkah-langkah untuk mencegah situasi terulang kembali. Misalnya, jika anjing Anda menunjukkan tanda-tanda agresi makanan, beri dia makan di kamar sendiri sampai Anda dapat mencari nasihat profesional.
  • Semua anjing berbeda dan memiliki pemicu stres masing-masing. Awasi anjing Anda untuk mengetahui bagaimana perasaannya. Sebagian besar agresi terjadi karena pemilik menempatkan anjing mereka dalam situasi yang membuat anjing tidak nyaman.
  • Jika agresi menjadi perilaku biasa atau jika Anda khawatir akan hal itu, atau jika Anda merasa terancam oleh anjing Anda dengan cara apa pun, segera cari bantuan profesional.
  • Jika anjing Anda menunjukkan salah satu perilaku yang dirinci di atas di sekitar anak-anak, segera pisahkan mereka dan hindari semua pertemuan dengan anak-anak sambil mencari rujukan ke ahli perilaku anjing. Hal yang sama berlaku untuk orang lain dalam keluarga atau siapa pun yang Anda temui. Jangan pernah mengambil risiko dengan keselamatan orang atau keselamatan anjing Anda.
  • Carilah nasihat profesional lebih cepat daripada nanti untuk semua kasus agresi. (Carissa Lim)

Baca Juga: Los Angeles Amerika Serikat Waspadai Wabah Flu Anjing dan Leptospirosis

Komentar