alexametrics

Perhatikan Kebiasaan Menggali pada Kucing Anda, Bisa Jadi Tanda Masalah Serius

Risna Halidi
Perhatikan Kebiasaan Menggali pada Kucing Anda, Bisa Jadi Tanda Masalah Serius
Ilustrasi kucing (Elements Envato)

Kucing memiliki bahasa khusus yang jika Anda mengerti, akan membantu Anda memahami mereka lebih baik.

Suara.com - Kucing memiliki bahasa khusus yang jika Anda mengerti, akan membantu Anda memahami mereka lebih baik. Misalnya kebiasaan menggaruk lantai di sekitar mangkuk makanan mereka.

Anda mungkin berasumsi bahwa si kucing sedang mencoba untuk memberi tahu sesuatu. Bisa jadi hal tersebut benar, namun perlu diingat bahwa ada banyak alasan atas perilaku seperti itu.

Dilansir dari 5 Minute Crafts, ternyata inilah beberapa alasan dibalik perilaku kucing menggaruk lantai di sekitar mangkuk makanannya.

1. Perilaku naluriah
Di alam liar, kucing sering menggali sisa makanan mereka sebagai tindakan perlindungan agar musuh tidak bisa melacak keberadaan mereka. Makanan yang terkubur hampir tidak berbau, tidak akan menarik pemulung atau pemangsa.

Baca Juga: Kemenangan Kucing Tayo di Pengadilan Bisa Kurangi Kasus Penyiksaan Hewan?

Ilustrasi kucing (Elements Envato)
Ilustrasi kucing (Elements Envato)

Kucing betina yang menyusui melakukannya untuk mencegah hewan lain menemukan kotorannya. Kucing domestik menunjukkan perilaku serupa yang mirip dengan menyimpan makanan yang dilakukan kerabat mereka di alam liar.

Saat Anda meletakkan koran di bawah mangkuk kucing, mungkin Anda memerhatikan bahwa kucing mencakar dan merobeknya menjadi beberapa bagian untuk ditumpuk di atas sisa makanan. Hal yang sama dapat terjadi dengan apapun di dekatnya yang bisa menutupi makanannya.

Bahkan jika anak kucing tumbuh sendirian, ia mungkin masih mengubur makanannya secara naluriah. Hal ini merupakan jenis perilaku yang dilakukan hewan tanpa berpikir.

2. Makanan yang diberikan tidak enak
Jika Anda mengubah pola makan kucing dan tiba-tiba ia mulai menggali di sekitar makannya, itu tandanya kucing Anda tidak menyukai makanan yang disediakan.

Terutama jika ia belum pernah bertindak seperti ini sebelumnya. mungkin kucing tidak menyukai rasa atau bau makanannya, dan merasa tidak nyaman jika Anda mengubah posisi mangkuk.

Baca Juga: Seorang Wanita Terkena Pneumonia Diduga Tertular Kucing Peliharaannya

Semua hal ini bisa membuat kucing mulai mengubur makanan yang tidak diinginkan. Jenis perilaku ini juga bisa disebabkan oleh kurangnya nafsu makan. Konsultasikan dengan dokter hewan jika kucing Anda tiba-tiba mulai menunjukkan perilaku ini tanpa alasan yang jelas.

Komentar