alexametrics

Macam-Macam Kucing Peliharaan, Ketahui Keunikan Setiap Ras Kucing

Rima Sekarani Imamun Nissa
Macam-Macam Kucing Peliharaan, Ketahui Keunikan Setiap Ras Kucing
Ilustrasi kucing putih (pexels/Emily Hopper)

Berikut macam-macam kucing peliharaan dengan keunikan mereka masing-masing.

Suara.com - Kucing adalah hewan kaki empat berbulu yang populer menjadi hewan peliharaan kesayangan di rumah. Macam-macam kucing yang unik dan menggemaskan bisa jadi pilihan kamu yang ingin memeliharanya di rumah.

Bagi kamu yang ingin memelihara kucing, sebaiknya ketahui jenis kucing berikut ini dikutip dari Whiskas Indonesia, Rabu (21/9/2021). Ras kucing apa yang paling menarik perhatianmu?

Macam-Macam Kucing

1. Persian, Kucing Cantik Cerdas dan Menggemaskan

Baca Juga: Kenali Ciri-Ciri Kucing Cacingan dan Cara Mengobatinya

Kucing Persia merupakan kucing ras asing pertama di Indonesia yang berasal dari Thailand Banyak orang yang jatguh cinta padanya karena mereka menggemaskan, ramah, dan mudah bergaul. Memiliki kepala dan dahi bundar, telinga kecil dengan ujung yang bulat, serta tubuh, kaki, dan ekor yang pendek.

Ilustrasi kucing persia. (Pixabay/deliabertola)
Ilustrasi kucing persia. (Pixabay/deliabertola)

Selain itu, Persian juga punya bulu yang panjang dan lebat sehingga perlu dilakukan perawatan setiap hari. Pemilik kucing harus telaten menyisir dan menyikat rambut Persian agar tidak kusut. Ditambah dengan pembersihan area mata kucing dari noda untuk mencegah masalah kulit.

2. Sphynx, Kucing Tanpa Bulu

Sphynx tampak seperti kucing tanpa bulu. Nyatanya, Sphynx memiliki bulu, namun sangat pendek, hampir seperti kulit. Tubuhnya ramping, telinga berbentuk segitiga, kening berkerut, dan dadanya kuat. Sphynx menjadi satu-satunya kucing dengan kelenjar keringat, yang membuat kulitnya rentan mengelupas dan menghitam. Jadi, pemiliknya harus memandikan Sphynx secara rutin.

Tubuhnya hangat dan lembut untuk disentuh. Kamu pasti akan menyukainya karena wataknya baik, lincah, pandai, dan mudah ditangani. Sphynx sangat menyukai kondisi rumah yang baik dan nyaman.

Baca Juga: Penglihatan Anjing Ternyata Tidak Setajam yang Anda Bayangkan

3. British Shorthair, Kucing Mandiri dengan Mata Indah

Macam macam kucing berikutnya ini memiliki ukuran sedang dan bulu khas yang halus. Dikenal sebagai kucing yang santai dan mudah dirawat, mereka juga salah satu ras kucing yang sangat mandiri. Memiliki tubuh yang gagah dan kuat dengan tampilannya yang sangat menggemaskan.

Tubuhnya aktif, bermata besar, diliputi bulu lembut, dan kepalanya bulat. Kucing lucu ini sangat menyukai kedamaian dan keheningan. Untuk menghindari kelebihan berat badannya, pemilik kucing harus bisa mendorong kucing berolahraga untuk membakar lemak. Seperti dengan menggoda mereka dengan mainan agar mau bergerak.

Ilustrasi kucing bengal. (Pixabay/Irina_kukuts)
Ilustrasi kucing bengal. (Pixabay/Irina_kukuts)

4. Bengal

Kucing Bengal menjadi kucing unik satu-satunya yang berbintik dan bercorak khas. Jenis mereka istimewa yang membuat semua orang gembira saat bertemu dengannya. Tentunya warna dan coraknya yang unik sangat memikat hati.

Jika berminat memeliharanya, ingatlah bahwa kucing Bengal adalah tipe kucing yang gaduh, aktif, dan senang bermain. Kucing ini pintar, penurut, ramah dan penyayang kepada siapapun yang menyayanginya.

5. American Shorthair

American shorthair bisa jadi sumber kebahagiaan di rumah. Ras kucing yang paling banyak disukai karena bulunya berwarna perak yang khas dan corak seperti marmer. Satu dari macam-macam kucing menggemaskan ini berukuran sedang hingga besar dan bisa beradaptasi dengan gaya hidup apapun.

Kucing cerdas ini menikmati waktu bermain bersama pemiliknya bahkan dengan orang yang baru pertama ditemui. Untuk asupan makanan sehari-harinya, perlu diingat bahwa American Shorthair sangat suka makan dan mereka cenderung cepat gemuk.

6. Burmese

Kucing manis ini menikmati interaksi dan mengikuti pemiliknya ke mana pun. Mereka dikenal interaktif dan sosial. Kucing Burmese memiliki bulu yang pendek, berkilau, tekstur bulu yang lembut berwarna coklat kehitaman dan matanya emas. Memiliki perawakan yang kuat denga otot sempurna membuatnya menjadi lebih gagah.

Sangat cerdas, penyayang, dan setia. Kucing-kucing ini menikmati pelukan yang baik dan lebih suka tinggal di rumah yang banyak mendapat perhatian. Burmese tetap akan senang berteman dengan hewan peliharaan lain di rumah.

7. Exotic Shorthair

Seperti Persia, Exotic Shorthairs sangat manis, jinak, dan menyenangkan. Kucing ini dikenal sebagai ‘wash-and-wear-Persian’ karena perawatannya yang mudah, bulunya yang selembut beludru dengan susunan warnanya yang mempesona.

Saat tidak berpelukan di pangkuanmu, ia selalu siap untuk bermain dengan baik. Tidak seperti kerabat Persianya, exotic shorthairs tidak terlalu membutuhkan perawatan. Oleh karena itu, kadang-kadang disebut 'Persia yang malas'. Ia juga cepat akrab dengan manusia dan cepat berkenalan dengan hewan lainnya yang dipelihara di rumah.

Itulah macam-macam kucing yang paling banyak dipelihara oleh pecinta kucing di rumah. Kucing mana yang menarik perhatianmu?

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar