alexametrics

7 Tempat Wisata Sumbawa Terbaik Update 2021, Air Terjun Putri Diana Indahnya Keterlaluan

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Tempat Wisata Sumbawa Terbaik Update 2021, Air Terjun Putri Diana Indahnya Keterlaluan
Kawasan Taman Wisata Alam Laut Pulau Moyo, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Senin (25/8). [Antara/Andika Wahyu]

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata Sumbawa yang menawarkan keindahan alam.

Suara.com - Sumbawa memang layak disebut sebagai surga dunia dengan kekayaan wisata alamnya. Pulau terbesar di Nusa Tenggara Barat ini memiliki deretan bukit dan pantai yang layak untuk disambangi. Ada begitu banyak tempat wisata Sumbawa yang terlalu sayang dilewatkan.

Untuk mencapai Sumbawa, kita harus menyebrang melalui Pelabuhan Kahayang di Lombok ke Pelabuhan Poto Tano di Surabaya. Perjalanan selama dua jam ini bisa kamu tempuh menggunakan kapal ferry dan mengarungi Selat Alas. Namun ada juga jalur udara dari Pulau Bali ke Sumbawa.

Berikut 7 destinasi wisata alam Sumbawa yang wajib masuk ke dalam itinerary impianmu!

Tempat Wisata Sumbawa

Baca Juga: Terbaru 2021, 8 Rekomendasi Wisata Dieng yang Sayang Dilewatkan

Ilustrasi liburan. (Unsplash/Ivana C)
Ilustrasi liburan. (Unsplash/Ivana C)

1. Gili Bedil

Hamparan pasir putih yang lembut akan langsung menyambut kedatanganmu di Gili Bedin. Selain menikmati keindahan pemandangan pantainya yang masih asri, kamu juga bisa menikmati beragam permainan air seperti snorkeling dan diving.

Gili Bedil juga kerap dijadikan sebagai tempat transit wisatawan yang sebelumnya telah berlibur di pulau sekitar Pulau Sumbawa seperti Pulau Komodo dan Pulau Moyo. Gili Bedil berada di Labuhan Bajo, Kecamatan Utan, Sumbawa.

2. Bukit Mantar

Rekomendasi tempat wisata di Sumbawa berikutnya adalah Bukit Mantar. Di Bukit Mantar, kamu bisa menimmati kecantikan Pulau Sumbawa dari ketinggian.

Baca Juga: Melihat Keindahan Jembatan Samota di Sumbawa

Selain permainan paralayang, di sini kamu juga bisa mengambil beragam foto cantik berlatar matahari terbit yang tentu saja layak kamu pamerkan di sosial media.

3. Pulau Kenawa

Salah satu destinasi wisata paling hits di Sumbawa ini jelas wajib kamu kunjungi. Pulau tak berpenghuni ini dikenal dengan padang rumput savananya yang luas.

INFOGRAFIS: Cegah Penularan Covid-19 saat Bepergian!
INFOGRAFIS: Cegah Penularan Covid-19 saat Bepergian!

Pemandangan di Pulau Kenawa semakin eksotis dengan adanya bukit yang berada di tengah-tengah pulau dan dapat didaki hanya dalam waktu 10 menit. Pulau Kenawa terletak di Pota Tano, Kabupaten Sumbawa Barat.

4. Air Terjun Mata Jitu

Air terjun satu ini terkenal karena cerita bahwa keluarga Kerajaan Inggris, yakni mendiang Putri Diana, pernah mengunjunginya.

Destinasi yang juga dikenal sebagai Air Terjun Putri Diana dihiasi dengan tujuh kolam, empat undakan, serta stalaktit dan stalagmit yang bentuknya beragam. Keindahan ini bahkan membuatnya mendapat julukan Queen Waterfall.

Lokasi Air Terjun Mata Jitu ini juga bisa dibilang cukup private, karena berada di balik Hutan Pulau Moyo di Kabupaten Sumbawa.

5. Pantai Pink Lambu

Meskipun letaknya yang cukup terpencil dan memerlukan perjuangan mencapainya, keindahan Pantai Pink di Desa Lambu ini tidak akan mengecewakanmu.

Dengan menempuh perjalanan selama dua jam dari Kota Bima dan berlanjut menggunakan perahu dari Pelabuhan Sape, kamu bisa menikmati keindahan Pantai Pink. Di dekat Pantai Pink juga ada pantai Pasir Putih, dan Tanjung Mariam.

6. Pulau Paserang

Jika kamu berwisata ke Pulau Kenawa, jangan lupa singgah sejenak ke Pulau Paserang. Fasilitas yang bisa kamu temukan di sini pun lebih lengkap, mulai dari penerangan listrik, sampai saung.

Di tempat wisata Sumbawa satu ini, kamu juga bisa menikmati jalur tracking yang menyuguhkan pemandangan Gunung Rinjani.

7. Air Terjun Kalela

Air Terjun Kalela atau juga disebut Air Terjun Semporon Tangkil ini memilki bentuk yang unik. Pasalnya, aliran air akan jatuh dari sebuah tebing batu yang berundak dan berongga mirip goa.

Air Terjun yang berada di Jereweh ini dikelilingi oleh pohon-pohon yang menjulang tinggi dengan akar panjang yang merambat di sekitarnya.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata Sumbawa. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar