alexametrics

Terbaru 2021, 8 Rekomendasi Wisata Dieng yang Sayang Dilewatkan

Rima Sekarani Imamun Nissa
Terbaru 2021, 8 Rekomendasi Wisata Dieng yang Sayang Dilewatkan
Foto udara suasana Kawah Sikidang di kawasan dataran tinggi Dieng, Karang Tengah, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Sabtu (13/7). ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Ingin piknik ke Dieng? Berikut rekomendasi wisata Dieng yang terlalu sayang dilewatkan.

Suara.com - Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia, disebut sebagai negeri di atas awan yang menyajikan panorama dan tempat wisata yang memukau. Dieng memiliki kekayaan hasil bumi yang berlimpah dan juga penghasil Purwaceng dan Carica. Destinasi ini menawarkan daya tariknya dengan berbagai rekomendasi wisata Dieng yang paling menarik untuk dikunjungi.

Simak ulasan selengkapnya seperti telah dirangkum dari Capture Indonesia berikut ini.

Candi Arjuna

Wisata pertama yang wajib dikunjungi di Dieng adalah Kompleks Candi Arjuna yang letaknya dekat dengan Kawah Sikidang. Candi ini menurut sejarah merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno untuk memuja Dewa Siwa.

Baca Juga: Asyik Wisata di Demak Telah Dibuka, Ini 7 Tempat yang Cocok Dikunjungi Saat Akhir Pekan

Berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut, rekomendasi wisata Dieng terbaik ini menyajikan pemandangan hijau dan udara yang menyejukkan.

Lokasi: Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Bukit Sikunir. (Shutterstock)
Bukit Sikunir. (Shutterstock)

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa. Panorama matahari terbit keemasan (golden sunrise) menjadi andalan utama untuk menarik pengunjung. Waktu terbaik menyaksikan pemandangan salah satu sunrise terbaik di Asia Tenggara ini adalah pada bulan Juli-Agustus.

Datanglah ke Bukit Sikunir saat dini hari atau menjelang fajar subuh. Di sekitar area ini juga disediakan penginapan, homestay, atau hotel. 

Baca Juga: Cihuy Level PPKM Turun, 8 Tempat Wisata di Kendal Ini Telah Dibuka Loh

Telaga Warna

Rekomendasi wisata Dieng berikutnya adalah Telaga Warna. Tempat indah yang berada di ketinggian 2000 mdpl ini memiliki keunikan tersendiri dibanding telaga atau danau lainnya di Indonesia. Telaga Warna Dieng memiliki warna air yang sering berubah-ubah dikarenakan kandungan belerangnya yang tinggi. 

Kawah Sikidang

Kawasan wisata Dieng ini sebenarnya merupakan gunung purba berapi raksasa yang masih memiliki aktivitas vulkanik. Kamu bisa menyaksikan aktivitas vulkanik tepatnya di Kawah Sikidang. Areanya memiliki luas sekitar 200 meter persegi dan gumpalan asap belerang yang keluar dari kawah ini.

Pengunjung tetap dapat memasuki area pinggir kawah menggunakan masker dan menjaga batas aman pagar pembatas. 

Pendakian Gunung Prau

Kawasan pendakian Gunung Prau menjadi tujuan wisata Dieng untuk para pendaki gunung atau pecinta alam. Gunung ini memang cukup populer dibandingkan pendakian gunung sekitarnya, seperti Sindoro dan Sumbing. 

Dengan ketinggian puncak 2.565 mdpl, gunung yang bentuknya seperti perahu ini bisa dicapai dengan pendakian selama kurang lebih 3 jam saja. Ada salah satu spot menarik yaitu Bukit Teletubbies yang bagus untuk tempat berfoto dan menyaksikan matahari terbit. 

Batu Ratapan Angin

Batu Ratapan Angin merupakan tebing di keringgian yang berada dekat dengan Telaga Warna. Di atas ketinggian, kamu bisa melihat dua kolam besar, Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang luar biasa indah. Untuk mencapainya, perlu usaha ekstra dan akan terbayar lunas dengan pemandangan yang tersaji.

Telaga Merdada

Telaga Merdada menjadi telaga terluas di Dieng dengan luas mencapai 21 hektar. Di sekitar telaga, terlihat lahan pertanian kentang yang berundak dan nampak indah.

INFOGRAFIS: Cegah Penularan Covid-19 saat Bepergian!
INFOGRAFIS: Cegah Penularan Covid-19 saat Bepergian!

Letak telaga ini berada di dua bukit terjal, yaitu Pangonan dan Sumurup. Rekomendasi wisata Dieng ini cocok untuk kamu yang ingin mencari ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan.

Gardu Pandang Tieng

Selain Bukit Sikunir, salah satu spot menarik menyaksikan pemandangan sunrise adalah Gardu pandang Tieng. Para wisatawan datang berbondong memadati tempat ini menjelang matahari terbit. Kamu akan menyaksikan kemegahan Gunung Sindoro di sebelah selatan dan pemandangan Desa Tieng yang bikin enggan pulang.

Itulah beberapa rekomendasi wisata Dieng yang wajib kamu kunjungi saat liburan di sini.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar