alexametrics

Unik, India Putus Jaringan Internet dan SMS Agar Peserta Ujian Guru Tidak Curang

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Unik, India Putus Jaringan Internet dan SMS Agar Peserta Ujian Guru Tidak Curang
ilustrasi India (shutterstock)

Menurut pemerintah setempat, kebijakan ini diambil untuk mencegah tindak kecurangan dalam ujian

Suara.com - India memiliki kebijakan yang cukup unik, di mana seluruh internet dan layanan SMS diputus selama pelaksaan ujian guru sekolah negeri. Menurut pemerintah setempat, kebijakan ini diambil untuk mencegah tindak kecurangan dalam ujian tersebut.

Mengutip NDTV, Senin (27/9/2021) tidak kurang 16 daerah Rajasthan, India yang internet dan layanan SMS diputus selama 12 jam sepanjang waktu ujian digelar.

Ujian kelayakan guru atau Rajasthan Eligibility Examination for Teachers (REET), adalah ujian yang sangat kompetitif karena lebih dari 1,6 juta peserta memperebutkan 31.000 penempatan guru di sekolah negeri.

Sebanyak 16 daerah yang terkena dampak pemutusan internet dan SMS adalah Jaipur, Udaipur, Bhilwara, Alwar, Bikaner, Dausa, Chittorgarh, Barmer, Tonk, Ajmer, Nagaur, Sawai Madhopur, Kota, Bundi dan Jhalawar dan Sikar.

Baca Juga: Pandemi COVID-19, iCar Asia Indonesia Sebutkan Pasar Mobil Bekas Bergairah

Bahkan melihat banyaknya jumlah kandidat, terkhusus untuk ujian REET, pemerintah negara bagian Rajasthan sudah membuat sederet aturan yang rumit untuk kemanan, sekaligus tindakan pencegahan ekstra penyebaran Covid-19.

Ini karena terjadi kerumunan besar calon peserta di halte bus di 33 daerah lokasi ujian. Sehingga ujian REET yang dilakukan oleh Dewan Pendidikan Menengah Rajasthan digelar di 3.993 lokasi ujian.

Selain itu, pemerintah juga mengumumkan menggratiskan semua perjalanan untuk para peserta REET baik di jalan raya, maupun bus. Bahkan North Western Railway mengoperasikan 26 kereta khusus yang beroperasi di semua stasiun penting yang membawa peserta ke lokasi ujian.

Komentar