alexametrics

Wisata Pantai Klayar yang Punya 3 Fenomena Unik, Cek Lokasi dan Harga Tiketnya

Rima Sekarani Imamun Nissa
Wisata Pantai Klayar yang Punya 3 Fenomena Unik, Cek Lokasi dan Harga Tiketnya
Pantai Klayar di Pacitan, Jawa Timur. (Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Tak hanya hamparan pasir putih yang indah, Pantai Klayar juga memiliki beberapa fenomena unik yang terlalu sayang dilewatkan.

Suara.com - Tidak hanya dikenal sebagai Kota Seribu Gua, Pacitan juga terkenal dengan pantainya yang indah. Pantai Klayar, berasal dari kata 'Klayar-kluyur' yang artinya jalan-jalan.

Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai Pantai Klayar, spot wisata Pacitan yang wajib untuk kamu kunjungi bersama keluarga, dilansir dari EastJava, Selasa (28/9/2021).

Keindahan Pantai Klayar

Pantai Klayar sangat eksotis dan berbeda dengan objek wisata pantai lainnya. Tidak hanya indah, pantai pasir putih ini memiliki tiga fenomena unik. Di antaranya laguna, Batu Sphinx, dan Karang Bolong.

Baca Juga: Nikmati Jantung dunia di Hutan Albazia Kubu Raya

Ilustrasi pantai (Pixabay 12019)
Ilustrasi pantai (Pixabay/12019)

Di ujung timur, kamu akan disambut oleh laguna yang indah. Diapit oleh dua gugusan bebatuan, terlihat laguna yang indah dengan jernihnya ombak yang menghantam dinding bebatuan, kemudian memecah dan berputar di atas pasir putih. Laguna kecil itu menakjubkan dan bikin betah memandangnya.

Pantai Klayar memiliki gugusan batu karang yang menjulang tinggi di sebelah timur laguna, bentuknya menyerupai Sphinx di Mesir. Ombak berkali-kali menghempas batu karang dengan kuatnya dan menimbulkan efek air terjun di dinding dengan gelembung-gelembung putih yang indah.

Fenomena lain yang dimiliki Pantai Klayar adalah air mancur laut. Bentuknya berupa semburan air berbentuk vertikal seperti yang terdapat di taman-taman kota. Namun, air mancur ini merupakan hasil alam ciptaan alam yang terbentuk dari pengikisan menjadi karang yang cerah.

Air mancur berbentuk tegak lurus melalui celah kecil di bagian atas permukaan batu. Jangan kaget ketika kamu berada di balik air mancur yang menyembur ke atas.

Lokasi Pantai Klayar

Baca Juga: Rekomendasi 10 Pantai Terbaik di Dunia

Pantai Klayar terletak kurang lebih 45 km sebelah barat kota Pacitan tepatnya di Kecamatan Donorojo kabupaten Pacitan. Jalan menuju Pantai Klayar cukup menantang dan memacu adrenalin karena sempit, memiliki tikungan tajam, dan naik turun bukit.

Ada beberapa bagian yang naik turunnya cukup ekstrim. Walau begitu, kamu akan ditemani keindahan perbukitan dan lembah yang hijau sepanjang perjalanan.

INFOGRAFIS: Cegah Penularan Covid-19 saat Bepergian!
INFOGRAFIS: Cegah Penularan Covid-19 saat Bepergian!

Jika dari Yogyakarta, ada beberapa pilihan rute perjalanan. Namun rute yang paling cepat dan direkomendasikan adalah via Gunung Kidul dengan perjalanan selama 2,5 jam. Rute dari Gunung Kidul ke Pacitan melalui Wonosari - Pathuk - Kota Wonosari - Pracimantoro - Giribelah - perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur - Punung - Klayar.

Sedangkan jika dari Solo via Pracimantoro, menempuh perjalanan hingga Giribelah, belok kanan ke Kalak, dan sampai di Klayar.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Harga tiket masuk anak-anak adalah Rp10 ribu dan Rp15 ribu untuk orang dewasa. Harga tiket ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Kabupaten Pacitan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Retribusi Tempat Rekreasi dan Olahraga.

Itulah beberapa panduan wisata Pantai Klayar Kabupaten Pacitan yang ada di pesisir selatan Pulau Jawa. Yuk, agendakan wisata pantai indah ini!

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar