alexametrics

Pendengar Tumbuh Drastis, Konten Audio Makin Diminati

Bimo Aria Fundrika | Dinda Rachmawati
Pendengar Tumbuh Drastis, Konten Audio Makin Diminati
Ilustrasi podcast. (Dok: Elements Envanto)

Mendengarkan konten audio memberikan kemudahan bagi mereka yang sedang multitasking dan produktif berkegiatan tanpa melihat layar.

Suara.com - Konten audio kini terus mendapatkan tempat di hati masyakarakat muda Indonesia. Tak sedikit konten kreator yang lahir, menciptakan berbagai karya, memanjakan masyarakat dengan konten audio di berbagai genre, termasuk musik, hiburan, komedi, hobi, parenting, hingga religi.

Mendengarkan konten audio memberikan kemudahan bagi mereka yang sedang multitasking dan produktif berkegiatan tanpa melihat layar (screenless moment) seperti belajar, berkendara, menyetir, atau berolahraga namun tetap ingin menikmati konten hiburan berkualitas.

Inilah yang membuat akses terhadap konsumsi konten audio non musik terus tumbuh pesat, yang juga menjawab mengapa konten audio seperti podcast, radio, audiobook hingga live audio adalah tren hiburan yang semakin lama kian diminati. 

Ilustrasi podcast. (Dok: Elements Envanto)
Ilustrasi podcast. (Dok: Elements Envanto)

Melihat peluang ini, Noice hadir dan memantapkan diri sebagai platform konten audio terlengkap. Berkolaborasi dengan para konten kreator tanah air, platform tersebut menghadirkan berbagai vertikal di platformnya seperti podcast, radio, audiobook dan yang terbaru adalah fitur live audio. 

Baca Juga: Cara Bersihkan Speaker Ponsel dengan Cepat, Bikin Audio Jernih

"Kami ingin memacu perkembangan ekosistem konten audio streaming di Indonesia. Karena itu kami terus berkomitmen untuk menjadi wadah bagi kreator lokal dan hyperlocal yang inklusif mewakili keberagaman kultur Indonesia dan mendukung tumbuhnya industri kreatif nasional," kata Chief Executive Officer (CEO) NOICE, Rado Ardian dalam jumpa pers Selasa (28/9/2021).

Pertumbuhan basis pengguna platform itu, kata rado meningkat signifikan di mana saat ini telah mencapai hampir 1 juta pengguna di seluruh Indonesia dengan rata-rata waktu mendengarkan konten audio di aplikasi lebih dari 60 menit setiap harinya. 

Rado mengatakan jika pihaknya sendiri, saat ini memiliki jaringan podcast terbesar di Indonesia dengan lebih dari 100 konten original dan eksklusif. Konten audio bergenre ringan seperti komedi, horor, hobi menjadi favorit para pendengar. 

Dengan konten yang beragam, Noice hingga saat ini mencatat total waktu pengguna mendengarkan konten di aplikasi telah mencapai lebih dari 1 miliar menit.

Pengguna platfor tadi itu sendiri, saat ini didominasi oleh Gen Z & Millenials dengan rentang usia 18-34 tahun dari berbagai latar belakang termasuk pelajar, mahasiswa, fresh graduates, karyawan, pekerja dan ibu rumah tangga. 

Baca Juga: Dijanjikan Bayaran Rp 5 Miliar Deddy Corbuzier, Kaesang: Belum Dibayar, Padahal Buat Jajan

"Di sisi lain, lebih dari 50 persen masyarakat di Indonesia sudah sangat familiar dengan podcast. Melihat tren ini, tidak heran kalau Indonesia menjadi salah satu negara dengan pendengar podcast terbanyak," tambahnya.

Komentar