alexametrics

Mengenal Tradisi Potong Kayu Khas Masyarakat Swedia saat Bangun Rumah

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Mengenal Tradisi Potong Kayu Khas Masyarakat Swedia saat Bangun Rumah
Ilustrasi memotong kayu (Elements Envato)

"Pemotongan kayu adalah tradisi masyarakat Swedia sebagai wujud suka cita memiliki rumah baru," kata Duta Besar Swedia untuk Indonesia.

Suara.com - Jika kebanyakan seremonial pembukaan toko dilakukan dengan memotong pita, tapi tidak dengan pembukaan toko baru IKEA di Jakarta Garden City yang dilakukan dengan cara membelah kayu.

Usut punya usut, ini merupakan tradisi masyarakat Swedia. Hal tersebut diungkap langsung Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Marina Berg.

Marina sendiri datang menghadiri momen grand launching di toko di Jalan Jakarta Garden City Boulevard, Cakung Timur, Jakarta Timur 13910, Kamis (30/9/2021).

"Pemotongan kayu adalah tradisi masyarakat Swedia sebagai wujud suka cita memiliki rumah baru," ujar Marina saat konferensi pers.

Baca Juga: Sultan dan Anggota TNI Meninggal Setelah Perahu Tabrak Gelondongan Kayu

Pembukaan IKEA di Jakarta Garden City (Suara/ Dini A)
Pembukaan IKEA di Jakarta Garden City (Suara/ Dini A)

Tradisi ini dilakukan IKEA di setiap pembukaan toko barunya di seluruh belahan dunia, lantaran perushaan ritel perabut rumah tangga itu berasal dari Swedia, sehingga sebisa mungkin mempertahankan tradisinya.

Uniknya lagi, bukan sekedar kayu biasa melainkan yang dipotong adalah bongkahan batang pohon kayu besar yang membutuhkan beberapa orang untuk memotong sekaligus secara bersamaan, menggunakan gergaji.

Dijelaskan lebih lanjut oleh President Director PT Rumah Mebel Nusantara atau IKEA Indonesia, Patrik Lindvall, bahwa di Swedia adalah negara yang menggunakan kayu untuk setiap pembuatan perabotannya.

Pembukaan IKEA di Jakarta Garden City (Suara/ Dini A)
Pembukaan IKEA di Jakarta Garden City (Suara/ Dini A)

"Saat pemotongan itu dilakukan dengan banyak orang, ini juga menandakan bentuk kerjasama, dan memerlukan bantuan banyak pihak untuk melakukan satu kegiatan seperti membangun rumah," tutur Patrik.

Sementara itu, ini adalah toko keempat IKEA yang ada di Indonesia, dan Ganden City jadi toko pertama di Jakarta.

Baca Juga: Viral Rumah dengan Pagar Tinggi, Publik Syok Lihat Dalamnya: Yang Tersembunyi Memang Indah

Toko sendiri sudah mulai dibuka pada 16 September 2021, namun peresmiannya baru dilakukan hari ini, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. 

Komentar