alexametrics

Cemilan Apa yang Cocok untuk Diet? Ini 7 Rekomendasi Terbaik dari Dokter

Rima Sekarani Imamun Nissa
Cemilan Apa yang Cocok untuk Diet? Ini 7 Rekomendasi Terbaik dari Dokter
Ngemil di malam hari, pilih camilan sehat. (Shutterstock)

Lagi diet tapi ingin makan snack? Kira-kira, cemilan apa yang cocok untuk diet sehatmu?

Suara.com - Sedang diet tapi ingin ngemil? Wah, kira-kira cemilan apa yang cocok untuk diet sehat, ya?

Saat diet, pola makan jelas harus dijaga, begitu pula sial menyantap camilan. Daripada bingung, coba simak rekomendasi cemilan saat diet oleh dr. Saddam Ismail yang dibagikan melalui kanal YouTube saddam ismail ini, yuk!

Buah ceri

Kandungan melatonin dalam buah ceri bisa mengendalikan jam melatonin dalam tubuh yang berperan membuat waktu bangun dan waktu tidur sudah terkonsep di otak kita tanpa disadari.

Baca Juga: Viral Iklan Keju Jadul Tahun 1994, Publik Salfok Pas Lihat Harga Jualnya

Ilustrasi buah ceri. (shutterstock)

Ketika menjadikan buah ceri sebagai camilan saat diet, asupan ini bisa membantu kita untuk tetap menjaga, mengendalikan, dan mengontrol jam internal tubuh.

Cherry mengandung banyak antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas. Jus buah ceri juga bisa membantu mengatasi insomnia.

Oatmeal

Oatmeal disukai banyak orang sebagai menu sarapan. Oatmeal pun bisa dijadikan cemilan selama diet, salah satunya untuk membantu menjaga dan memperbaiki waktu tidur dan waktu bangun.

Oatmeal tinggi protein sangat baik untuk membuat kita merasa kenyang lebih lama dan mengandung karbohidrat kompleks yang menaikkan gula darah. Dengan catatan, olah oatmeal dengan benar.

Baca Juga: Gampang Bikinnya! Ini Resep Cucur Bawang yang Gurih dan Nikmat

Keju dan crackers

Makanan ringan ini membantu kita tetap kenyang sehingga bisa menjadi pilihan camilan sehat saat diet. Pilih keju feta yang tidak mengandung banyak lemak. Lalu, pilih crackers yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks sehingga bikin kenyang lebih lama. Walau begitu, tetap jangan sampai makan berlebihan.

Pisang

Cemilan apa yang cocok untuk diet dan bisa dimakan sebelum tidur? dr. Saddam Ismail menyarankan pisang sebagai camilan sehat, bahkan sebelum tidur.

Pisang membuat kita kenyang. Kandungan magnesium serta potasiumnya bagus untuk kesehatan otak dan pembuluh darah kita. Mengonsumsi pisang juga bisa membantu tidur kita lebih nyenyak selama masih dalam program diet.

Ilustrasi pisang. (Shutterstock)
Ilustrasi pisang. (Shutterstock)

Ubi

Ubi juga bisa dimasukkan ke dalam menu cemilan sehat selama diet. Aturannya, cukup oleh dengan cara direbus, bukan dinikmati dalam bentuk keripik atau ditambah bahan-bahan lain seperti gula dan keju.

Ubi rebus mengandung manfaat karbohidrat kompleks di dalamnya yang akan membantu kita kenyang lebih lama.

Popcorn

Saat diet, boleh makan popcorn tanpa perasa, seperti gula, garam, dan lainnya. Popcorn bisa jadi cemilan sehat karena mengandung karbohidrat kompleks, tinggi serat, serta mengandung banyak antioksidan. Syaratnya, makan popcorn original, jangan ditambahi dengan bumbu lain.

Selai kacang alami

Selai kacang bisa dijadikan cemilan dengan dioleskan pada roti gandum secukupnya. Kacang mengandung lemak tak jenuh yang akan membantu mengurai lemak jahat dalam tubuh.

Demikian informasi bagi Anda yang mencari tahu cemilan apa yang cocok untuk diet. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Mutaya Saroh

Komentar