facebook

5 Tips Menata Dapur Agar Selalu Terlihat Rapi dan Bersih

Vania Rossa
5 Tips Menata Dapur Agar Selalu Terlihat Rapi dan Bersih
Tips Menata Dapur. (Dekoruma)

Semenarik apapun desain interior dapur di rumah, semuanya akan percuma kalau dapur kotor dan berantakan.

Suara.com - Sebagai ruangan yang punya fungsi vital di rumah, dapur bukan hanya perlu punya desain interior yang indah dan menarik. Namun, semenarik apapun desain interior dapur di rumah, semuanya akan percuma kalau dapur kotor dan berantakan.

Di luar dari kitchen set itu sendiri, banyak benda-benda lain yang tidak boleh absen di dapur untuk fungsi yang maksimal. Dimulai dari peralatan masak yang dipakai sehari-hari, peralatan makan, bahan makanan dan bumbu dapur yang ditaruh dalam wadah beragam bentuk serta ukuran, peralatan elektronik seperti microwave, timbangan digital, dispenser air minum, dan masih banyak lagi.

Barang-barang ini juga punya ukuran yang bermacam-macam. Dari sendok garpu yang berukuran kecil, talenan berukuran sedang, sampai wajan stainless steel berdiameter panjang.

Bila tidak diatur, diorganisasi, dan disimpan dengan teliti, dapur akan menjadi berantakan. Dapur yang kotor dan berantakan hanya akan membuat Anda malas memasak dan menyiapkan makanan.

Baca Juga: 9 Potret Transformasi Dapur Nathalie Holscher, Dulu Gelap dan Banyak Rayap

Dapur yang jarang dibersihkan juga akan membuat debu, kotoran, dan noda menumpuk. Ini berisiko menimbulkan bau yang tidak sedap dan mengundang binatang pengganggu seperti kecoa dan tikus.

Guna menjaga kerapian dan kebersihan dapur, Dekoruma telah mengumpulkan lima tips untuk menata dapur.

1. Perpaduan Tepat Antara Ruang Penyimpanan Tertutup dan Terbuka

Tips Menata Dapur. (Dekoruma)
Tips Menata Dapur. (Dekoruma)

Dalam merancang kitchen set, penting untuk memperhitungkan jumlah dan desain ruang penyimpanan terbuka dan tertutup sesuai kebutuhan. Mulai dari kabinet dinding dapur, kabinet bagian bawah, laci dapur, sampai rak dapur yang tertutup dan terbuka.

Kabinet, rak, dan laci tertutup bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang seperti tabung gas, peralatan masak berukuran sedang dan besar, peralatan elektronik, juga bahan makanan yang jarang digunakan.

Baca Juga: Mau Renovasi Dapur? Ini 5 Jenis Lantai Keramik Dapur yang Sedang Populer

Sementara itu, Anda bisa meletakkan barang-barang yang sering digunakan dan diakses setiap hari di ruang penyimpanan terbuka. Toples bumbu dapur, peralatan makan dan peralatan masak, microwave, sampai dekorasi dapur.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar