alexametrics

Amily Hijab Jadikan Payet dan Bordir Manual khas Tasikmalaya Naik Kelas

Fabiola Febrinastri
Amily Hijab Jadikan Payet dan Bordir Manual khas Tasikmalaya Naik Kelas
Amily Hijab mengangkat Payet dan Bordir Manual khas Tasikmalaya. (Dok: Amily Hijab)

Amily Hijab melibatkan banyak perempuan dalam proses produksinya.

Suara.com - Selain kuliner dan tempat wisata, kota Tasikmalaya juga terkenal dengan seni kerajinannya. Bukan hanya kerajinan tangan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh, Tasikmalaya pun memiliki beragam produk fashion yang tidak kalah menarik, seperti pakaian yang dibuat menggunakan hiasan payet dan border manual misalnya.

Tasikmalaya jadi salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan produk bordir manual berkualitas terbaik. Melalui tangan-tangan kreatif warga Tasikmalaya, bordir menjadi sebuah kebanggan dan memiliki ciri khas tersendiri.

Itu juga yang dilakukan oleh Amily Hijab, sebuah bran fashion muslimah yang menawarkan produk syar’i dengan sentuhan tradisional. Utamanya menggunakan payet dan bordir manual khas Tasikmalaya.

Amily Hijab dikelola oleh pasangan muda Ilham Mauluddin dan Najmi Nurul Haq. Memiliki semangat menyebarkan syiar kebaikan lewat hijab syar’i, pasangan muda ini dengan segala keterbatasan yang dimiliki mampu membawa Amily Hijab hingga bisa tampil di event nasional Indonesia Fashion Week dari tahun 2017 – 2020.

Baca Juga: Kartini Masa Kini, Rima Melati Kenalkan Mukena Bordir hingga Negeri Jiran

Keterbatasan biaya tidak menghalangi niat Ilham dan Najmi untuk memulai bisnis ini. Tinggal di daerah dan minimnya akses ke supplier, justru membuat mereka semakin bersemangat untuk dapat beradaptasi dan mengembangkan bisnisnya hingga saat ini.

“Bagi kami bisnis adalah wasilah kebaikan, salah satunya semangat menyebarkan syiar hijab syar’i. Selain itu, bisnis dengan tujuan baik haruslah dimulai dengan cara yang baik dan dilakukan dengan proses operasional yang baik.” ungkap Najmi.

Bahkan di masa pandemi ini, Amily Hijab tetap memberanikan diri membukan official store pertamanya di Kota Bandung.

“Saya dan suami yakin, setiap sesuatu pasti ada sisi positifnya. Kami mencoba untuk bisa dekat dengan loyal customer.” tutur Najmi.

Angkat Payet dan Bordir Manual khas Tasikmalaya
Dikutip dari @amilyhijab , produk fashion muslimah yang diproduksi Amily Hijab memiliki keunikan tersendiri. Produk yang mereka tawarkan tidak hanya memiliki filosofi yang menarik, tapi juga menggunakan sentuhan tradisional pada penggunaan payet dan bordir manual yang dihasilkan tangan-tangan kreatif pengrajinnya.

Baca Juga: Bordir Penari Cokek Tersaji dalam Karya Roemah Kebaya Vielga di JFW 2020

Salah satunya bisa kita temukan pada Belle Coat yang menjadi andalah Amily Hijab. Bordir 3 dimensi motif bunga Daisy pada aksen utamanya, menjadi daya tarik sendiri bagi para pecinta kerajinan tradisional. Teknik bordir manual khas Tasikmalaya yang digunakan Belle Coat ini memiliki daya jual tinggi dan mampu bersaing di pasar Internasional.

Komentar