alexametrics

4 Poin Cara Merawat Tanaman untuk Pemula di Rumah, Praktis dan Mudah Dilakukan

Arendya Nariswari
4 Poin Cara Merawat Tanaman untuk Pemula di Rumah, Praktis dan Mudah Dilakukan
Ilustrasi tanaman hias. (pexels.com)

Tak sulit, simak cara merawat tanaman untuk pemula berikut ini.

Suara.com - Sebagai pemula, Anda dapat menanam tanaman hias yang bahagia dan sehat. Anda memerlukan beberapa informasi cara merawat tanaman untuk pemula dan beberapa tips dasar untuk mempelajari cara terbaik merawat teman hijau Anda.

Jika ingin tanaman hias Anda berkembang, simak beberapa hal yang harus diketahui seperti dilansir dari laman Mod and Mint, Selasa (19/10/2021).

Cara Merawat Tanaman untuk Pemula

Kata kuncinya dimulai dari tentang jenis tanaman yang Anda pilih, lokasi Anda meletakkannya, kapan dan bagaimana Anda menyiraminya, serta jadwal perawatan tanaman hias yang lengkap dan mudah diikuti.

Baca Juga: Ini Racikan Kunyit Untuk Bisa Redakan Masalah Lambung, Coba Di Rumah!

Ada beberapa panduan umum yang harus diikuti dan berhasil menanam tanaman di dalam ruangan.

1. Cara Memilih Tanaman yang Tepat untuk Rumah Anda

Sebagian besar tanaman yang populer di toko-toko adalah tanaman yang dipilih untuk dapat bertahan hidup di rumah kita. Dan biasanya dipilih karena perawatannya yang cukup mudah. 

Jika Anda akan pergi membeli tanaman baru, mulailah dengan mencari informasi dimana dan bagaimana cara membeli tanaman dalam ruangan. Cari tahu di mana menemukan tanaman hias terbaik dan bagaimana cara memilih yang tepat untuk rumah Anda.

Succulents adalah pilihan tepat jika Anda cenderung lupa menyirami tanaman. Mereka sangat tahan kekeringan, dan mudah dirawat. Tanaman laba-laba dan Sansevieria adalah tanaman pemula hebat lainnya yang disarankan untuk pemula.

Baca Juga: 5 Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Wajah

2. Cahaya dan Lokasi

Saat Anda memiliki tanaman di rumah, inilah saatnya untuk meletakkannya di tempat yang paling mungkin tumbuh dengan baik. Lihatlah situasi cahaya di rumah Anda. 

Semua tanaman membutuhkan cahaya untuk tumbuh, tetapi beberapa tanaman membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit daripada yang lain. Penting untuk menemukan cahaya yang tepat untuk tanaman Anda.

Matahari langsung, cahaya tidak langsung terang, dan cahaya rendah sangat berbeda. Tidak cukup cahaya, maka tanaman Anda tidak akan tumbuh dan layu, terlalu banyak sinar matahari dan tanaman Anda mungkin menderita sengatan matahari dan berujung mati.

Jika Anda tidak tahu jenis cahaya apa yang disukai tanaman, atau jenis cahaya apa yang dimiliki ruangan, Anda harus memindahkan tanaman Anda untuk mencari tahu di mana yang paling baik.

Pada umumnya, sebagian besar tanaman hias menyukai jendela yang terang dengan sebagian sinar matahari yang menyebar sepanjang hari. Tanaman dengan daun berwarna cerah dan atau beraneka ragam menyukai lebih banyak cahaya daripada yang lain.

3. Kapan Menyirami Tanaman?

Alasan kebanyakan tanaman dalam ruangan tidak berhasil adalah karena penyiraman yang berlebihan. Terlalu banyak air dapat membuat tanaman mati lebih cepat.

Jangan hanya menyirami tanaman setiap hari minggu, mungkin tanaman belum membutuhkannya.

Jika tanaman Anda berada di tanah yang berdrainase baik, dalam pot dengan lubang drainase, Anda harus menyirami sebagian besar tanaman saat bagian atas tanah terasa kering.

Tempelkan jari Anda ke tanah untuk memeriksa. Apakah tanahnya kering, lanjutkan, dan rendam tanaman Anda dengan baik. Jika tanah masih lembab dari penyiraman terakhir, jangan menyiram. Sebaliknya, tunggu satu atau dua hari dan periksa lagi.

4. Jadwal Perawatan Tanaman Rumah yang Mudah

Untuk semakin mudah merawat tanaman indoor Anda, ikuti saja jadwal perawatan tanaman hias ini.

Mingguan

  1. Setiap minggu, lakukan pemeriksaan tanaman secara keseluruhan dan cepat.
  2. Apakah tanaman Anda membutuhkan air? Periksa tanah untuk melihat apakah sudah waktunya untuk menyiram.
  3. Lihatlah tanaman Anda secara keseluruhan. Apakah masih terlihat subur dan bahagia? Periksa dengan cermat untuk memastikan mereka bebas dari hama.
  4. Buang daun yang menguning, kecoklatan, atau layu.

Bulanan

  1. Debu menumpuk pada daun tanaman di rumah kita. Pori-pori daun tersumbat dan tanaman sulit menyerap cahaya. Gunakan kain lembut untuk menyeka daun, atau bawa tanaman Anda ke kamar mandi dan rawat dengan pancuran air dengan suhu ruangan yang lembut.
  2. Jadikan tanaman terlihat lebih baik dengan memangkas. Buang daun dan cabang yang mati. Potong pertumbuhan berkaki panjang kembali. Jangan membuang stek ini. Kebanyakan tanaman dapat dengan mudah diperbanyak dalam air.
  3. Putar atau pindahkan tanaman ke tempat yang berbeda jika membutuhkan lebih banyak atau lebih sedikit cahaya.
  4. Jika Anda memiliki sukulen yang memanjang dan mencari cahaya, baca cara memperbaiki sukulen yang membentang.

 Itulah panduan cara merawat tanaman untuk pemula yang menjadi dasar dalam perawatan tanaman yang baik dan tumbuh sehat.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar