alexametrics

Cegah Kerontokan, Ini 4 Tips Merawat Rambut Sebelum Tidur

Vania Rossa
Cegah Kerontokan, Ini 4 Tips Merawat Rambut Sebelum Tidur
Ilustrasi perawatan rambut rontok.(Pixabay/slavoljubovski)

Perawatan rambut tidak hanya dilakukan di pagi hari, tapi juga sebaiknya dilakukan di malam hari.

Suara.com - Mengalami kerontokan rambut baru-baru ini? Jangan lupa lakukan ritual merawat rambut, yang bisa dilakukan sejak pagi hingga malam hari sebelum tidur.

Kira-kira, apa saja perawatan rambut yang bisa dilakukan sebelum tidur? Dilansir dari Healthshots, inilah 4 tips perawatan rambut yang bisa dilakukan sebelum tidur untuk mencegah rambut rontok.

1. Jangan tidur dengan rambut basah
Usai keramas dan kondisi rambut masih basah, rambut rentan patah dan rusak. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menyisir atau mengikat rambut dalam keadaan masih basah. Ini juga berlaku untuk tidur dengan rambut basah. Apalagi jika mengibaskan rambut di tempat tidur saat masih basah. Selain dapat menyebabkan kerusakan rambut, juga membuat tempat tidur Anda basah dan tidak nyaman.

2. Hindari mengikat rambut sebelum tidur
Sebagian orang pasti pernah mengikat rambut sebelum tidur seperti kuncir kuda atau disanggul. Tujuannya, supaya rambut tidak berantakan ketika bangun pagi. Tapi, kebiasaan ini hanya akan menyebabkan tekanan pada akar rambut semalaman.

Baca Juga: Bye, Gatal! 7 Cara Menghilangkan Ketombe Membandel yang Alami dan Efektif

Tidak hanya dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan rambut karena akar yang tertarik, dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat bangun di pagi hari. Jadi pastikan untuk membiarkan rambut terurai saat tidur, ya.

3. Pijat kulit kepala
Di malam hari, kamu punya cukup banyak waktu untuk merawat rambut setelah seharian beraktivitas, misalnya dengan memijat kulit kepala selama 15-20 menit sebelum tidur. Kebiasaan ini dapat membantu rambut dan kulit kepala tetap sehat, meningkatkan sirkulasi darah, serta meningkatkan pertumbuhan rambut.

4. Gunakan bantal sutra
Menggunakan bantal sutra dapat mengurangi risiko kerusakan rambut dan kerontokan. Kapas bisa menjadi kasar pada rambut. Gesekan antara rambut dan bantal terus menerus dapat menyebabkan penurunan kesehatan rambut. Di sisi lain, sutra berbahan lembut di rambut dan memastikan jika bersentuhan terus menerus, rambut tetap sehat. (Elisa Naomi)

Komentar